Umum

Racun Rumput

Rumput adalah tumbuhan gulma yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman secara optimal. Dahulu pengendalian tumbuhan gulma dilakukan dengan pembabatan hingga akar, namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, gulma dapat dikendalikan dengan menggunakan racun rumput. Racun rumput (herbisida) adalah salah satu obat pembasmi rumput liar  yang berfungsi untuk mematikan rumput hingga akarnya. Racun ini dibuat dengan racikan dari campuran berbagai bahan kimia tertentu.

Biasanya pada musim penghujan rumput akan tumbuh secara cepat karena porositas dan drainase yang meningkat sehingga dapat membuatnya berbiak cepat dan tumbuh subur. Agar pengendaliannya lebih mudah, maka para pemelihara lahan akan menyemprotkan racun rumput ini hingga mengena keseluruh permukaan rumput terutama bagian batang yang dekat akarnya. Selain pembasmiannya lebih cepat, namun juga lebih menghemat energi dan mengefisienkan waktu pelaku pembasmian rumput ini.

Penggunaan Racun Rumput

Berdasarkan cara penggunakannya, terdapat dua jenis herbisida yang dapat diaplikasian pada gulma, diantaranya adalah foliate application dan soil application

  1. Foliate application

Foliate artinya daun. Foliate application adalah racun yang diaplikasikan pada daun. Glufosat, glufusinat, paraquat dan propanil adalah bagian dari herbisida untuk foliate application. Sesuai namanya, racun ini disemprotkan melalui daun gulma. Dapat kita pahami bahwa racun ini digunakan ketika rumput liar ini sudah tumbuh dan berdaun.

 

  1. Soil application

Soil berarti tanah. Soil application artinya racun rumput yang digunakan melalui tanah. Diuron, bromacil dan oksadiazon adalah nama-nama hebisida untuk pengaplikasian melalui permukaan tanah. Perlu anda ketahui bahwa jenis herbisida ini disemprotkan atau dicampurkan dengan tanah sebelum tumbuhan gulma tumbuh.

Dengan adanya obat racun rumput, penegndalian gulma menjadi semakin praktis, bukan? Jika dahulu Anda membabat rumput untuk memaksimalkan tanaman utama Anda, kini Anda hanya perlu mengaplikan penyemprotan racun rumput sebelum atau sesudah gulma tumbuh, agar tanaman Anda dpat tumbuh secara optimal dan memperoleh hasil panen yang maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *