Umum

Enak Tapi Beracun, Waspadai Tempe Bongkrek Yang Berbahaya

Tempe bongkrek adalah salah satu jenis tempe yang berasal dari Jawa Tengah. Tempe ini memiliki rasa yang khas dan banyak disukai oleh masyarakat, terutama di wilayah Banyumas. Namun sayangnya karena kerap menyebabkan keracunan, penjualan tempe ini sekarang dilarang oleh pemerintah. Tetapi nyatanya, pembuatan secara diam-diam masih terus dilakukan karena rasanya yang enak dan digemari banyak orang.

Tempe ini memiliki rasa gurih yang khas dan terbuat dari bahan kacang kedelai serta ampas kelapa yang diperoleh dari sisa pembuatan minyak kelapa, sisa pembuatan dodol atau bungkil kelapa dari pabrik. Tempe ini biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng atau dibuat masakan lezat lainnya. Namun disamping rasanya yang enak, tempe ini mengandung racun berupa asam bongkrek dan toxoflavin yang berbahaya.

Karena adanya racun inilah, tempe ini ini tidak boleh asal dikonsumsi sebab berpotensi mengakibatkan keracunan bahkan hingga menelan korban jiwa. Jenis tempe ini boleh dikonsumsi jika bau, tekstur dan rasanya dinilai baik serta warnanya tidak kekuningan. Akan tetapi meski begitu, tempe bongkrek tidak disarankan untuk dikonsumsi karena walaupun rasanya lezat, resikonya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *