Umum

Yuk Mengenal Universitas Islam Riau

Tidak hanya terkenal sebagai pemilik sumber daya mineral tersebsar di tanah air, namun Riau juga menyimpan sumber daya manusia yang tidak kalah besarnya. Universitas Islam Riau (UIR), menjadi salah satu penghasil lulusan terbaik dan membanggakan. Bahkan universitas satu ini, menyandang sebagai kampus swasta terbaik di tanah air. Bagi anda yang penasaran dengan kampus satu ini, simak ulasan singkat berikut.

Sejarah Singkat Berdirinya

Dibangun sejak 4 September 1962 silam, Universitas terbaik ini menjadi perguruan tertua yang ada di Provinsi Riau. Dimana saat pembangunannya tersebut, bertepatan pada tanggal 23 Dzulqoidah 1382 H. Kampus tertua ini, dibangun di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Provinsi Riau. Terdapat beberapa tokoh penting di balik sejarah berdirinya kampus, sebagai tempat masyarakaat Riau menimba ilmu lebih dalam.

Tokoh penting tersebut terdiri dari Soeman Hasibuan, Dt. Wan Abdurrahman, H. Zaini Kunin, A. Kadir Abbas, H. Bakhri Sualiman, H. A. Malik, serta H. A. Hamid Sualiman. Hanya tersedia satu Fakultas saja saat awal dibukanya perguruan tersebut, yaitu Fakultas Agama. Dalam fakultas tersebut terdiri dari 2 jurusan yang tersedia, meliputi jurusan Tarbiyah dan jurusan hukum. Pada saat itu, H. A. Kadir Abbas menjadi dekan yang memimpin Fakultas tersebut.

Universitas Islam Riau berlokasi di Jalan Prof, Mohd. Yamin, Pusat Pekanbaru. Seiring berjalannya waktu, bangunan bertingkat dua tersebut kemudian terus melakukan Perkembangan. Dimana bukti perkembangan tersebut, dengan adanya pembangunan kampus II yang berlokasi di Jalan Kaharuddin Nasution KM 11, Perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Tujuan Pembangunan  Kampus

Perguruan satu ini dibangun dengan tujuan yang jelas, sehingga mampu bertahan hingga kini. Tujuan utamanya tentu saja ingin menghasilkan didikan profesional, empati, cerdas, bersusila, cakap, amanah, ikhlas, dan tidak lupa religius. Anak didiknya diharapkan akan lulus dengan membawa tanggung jawab untuk  mensejahterahkan masyarakat dalam bidang pengetahuan.

Selain itu, perguruan ini miliki tujuan untuk menemukan, mengembangkan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, sekaligus humaniora yang Islami. Semua tujuan tersebut akan ditanamkan kepada anak didiknya, selama proses perkuliahan berlangsung. Diharapkan lulusan perguruan satu ini, bisa membawa tujuan kampus hingga ke masyarakat sekitarnya.

Berbagai Fakultas Tersedia

Seiring pergantian tahun, Universitas Islam Riau turut berkembang pesat. Dari yang awalnya hanya tersedia satu Fakultas saja, kini sudah tersedia sekitar 9 Fakultas yang banyak dicari masyarakat. Fakultas yang tersedia meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas pertanian, Fakultas Ekonomi, FISIP, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Agama Islam.

Setiap masyarakat tentu ingin mendapatkan pendidikan yang memadai, untuk meningkatkan ilmu yang dimilikinya. Dengan memilih tempat menimba ilmu terbaik, diharapkan mampu memberikan fasilitas yang diinginkan. UIR menjadi salah satu perguruan swasta terbaik, yang berlokasi di Provinsi Riau. Dengan berlandaskan dengan visi dan misi yang ada, diharapkan perguruan tersebut tetap unggul dan diminati masyarakat.