Umum

Cara Membuat Donat Jco Agar Tidak Keras Saat Dingin

Sejatinya, donat jco terkenal di seluruh wilayah karena memiliki rasa yang manis sehingga membuat konsumen ketagihan ingin memakannya lagi. Siapa sangka, menurut berbagai sumber orang yang membuat donat jco berasal dari warga Inggris yang tinggal di Amerika Serikat, namun hingga sekarang sangat populer dan menjadi makanan pendukung yang lezat. Apalagi proses pembuatannya juga mudah sehingga dapat dipraktekan di rumah.

Cara Membuat Donat Jco

Walaupun membuat donat Jco gampang, namun tak semua orang pandai membuat donat jco agar tidak keras saat dingin loh. Alhasil sebagian orang kecewa karena gagal membuat donat yang empuk, padahal kepiawaian membuat donat dapat dijadikan mata pencaharian loh. Membuat donat jco dikatakan berhasil jika orang mencicipi donat merasakan nikmat saat gigitan pertama, untuk itulah berikut ada cara membuat donat jco agar tidak keras saat sudah dingin. Diantaranya adalah:

  1. Tambahkan Kentang

Bukan rahasia lagi kebanyakan orang membuat donat dicampurkan dengan kantang, pasalnya adonan donat yang dicampur kentang membuat adonan lebih lembut walaupun sudah dingin. Bahkan makin banyak kentang yang ditambahkan, tekstur donat semakin lembut loh. Yang terpenting takaran kentang tidak melebihi batas adonan donat karena mempengaruhi kualitas adonan.

Usahakan mengukus kentang dahulu sebelum ditambahkan pada adonan. Terapkan mencampurkan tepung tergu tinggi protein dan 200 gram kentang halus, sementara saat mengukus kentang dalam kondisi tidak kupas karena jika dikupas akan menyerap lebih banyak air saat di kukus.

  1. Takaran Air Harus tepat

Perlu diketahui, jika adonan awal donat sudah keras menimbulkan adonan akhir donat tetap keras loh. Untuk itulah perhatikan proses awal pembuatan adonan, terutama perkirakan agar takaran air pas dengan porsi adonan. Tambahkan air sedikit demi sedikit agar adonan tidak keenceran, namun menambahkan air dilakukan sebelum memasukkan margarin. Apalagi terdapat aturan proses mmebuat donat jco yang harus dipatuhi sehingga hasil donat sempurna. Yaitu, mencampurkan tepung tergu, ragi instan, susu bubuk, gula dan kentang.

Kemudian campurkan telur dan air, lalu margarin dan garam. Jika margarin sudah dimasukkan jangan sampai menambahkan air karena adonan donat Jco akan gagal. Selain itu fermentasi harus tepat agar hasil donat sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *