Bisnis

Tips Membuka Usaha Toko Kelontong Dan Kendalanya Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda berniat membuka usaha toko kelontong sendiri? Jika iya, maka Anda perlu memikirkan rencana untuk membangunnya mulai dari sekarang. Sebab meski terlihat mudah, membuka usaha toko ini bukanlah tanpa kendala.

Bagi seseorang yang mempunyai jiwa wirausaha, membuka usaha sendiri tentu lebih menarik daripada menjadi seorang karyawan. Pilihan usaha yang paling sering dicoba dalam hal ini adalah membuka usaha kelontong. Jenis usaha ini cukup menjanjikan dan menjadi salah satu alternatif bisnis yang menguntungkan.

Tips Membuka Usaha Toko Kelontong

pexels.com

Pada dasarnya tujuan dibukanya sebuah usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dan untuk itu, maka diperlukan strategi dan langkah yang tepat agar tidak mengalami kerugian. Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha kelontong, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan agar Anda sukses menjalankannya:

  1. Cari dan Pilih Lokasi Toko Yang Strategis

Hal pertama dan yang paling penting diperhatikan ketika berencana membuka usaha ini adalah letak lokasi toko. Jika toko berada di lokasi yang strategis maka peluang toko ramai dikunjungi pelanggan akan lebih terbuka lebar. Untuk itu, cari dan pilih lokasi yang tepat seperti dekat pemukiman, universitas atau pusat kegiatan lainnya atau di halaman depan rumah.

  1. Lakukan Survey di Lingkungan Masyarakat

Setelah menentukan lokasi toko, ada baiknya jika Anda melakukan sedikit survey kebutuhan di lingkungan masyarakat. Survey ini bertujuan untuk melihat jenis kebutuhan yang diperlukan sekaligus mengetahui pesaing yang ada. Jangan menjual barang yang sekiranya tidak dibutuhkan oleh masyarakat dan hindari membuka toko di dekat toko kelontong lain yang lebih lengkap.

  1. Sesuaikan Usaha dengan Modal

Akan lebih baik jika dana atau modal yang Anda siapkan untuk membuka usaha adalah dana segar. Yang artinya modal ini berasal dari tabungan Anda sendiri tanpa adanya kucuran dana pinjaman. Jika modal terbatas, Anda bisa memulai membuka toko dalam skala kecil di halaman rumah, baru kemudian kembangkan menjadi toko yang lebih besar.

  1. Cari Kulakan Yang Murah

Usahakan Anda mendapatkan kulakan atau tempat grosir yang menjual barang-barang dengan harga miring. Sebab harga ini nantinya akan sangat berpengaruh pada keuntungan yang toko peroleh. Anda bisa membeli sembako langsung ke petani dan barang-barang lainnya di pasar tradisional.

  1. Kelola Keuangan Toko dengan Baik

Walaupun merupakan hal mendasar, pengelolaan keuangan masih sering tidak dilakukan dengan baik. Padahal pengelolaan yang buruk dapat berbahaya bagi kelangsungan usaha. Apalagi jika usaha telah berkembang lebih besar, kondisi keuangan harus benar-benar dikelola dengan tepat. Jika merasa ada kesulitan dalam mengelolanya, Anda bisa memanfaatkan software kasir yang diterapkan pada komputer untuk memudahkan Anda.

  1. Dekorasi Toko Sebagus Mungkin

Di sadari atau tidak, dekorasi toko yang rapi, nyaman dan bagus akan menarik lebih banyak orang untuk membeli di toko Anda. Untuk itu, perhatikan tampilan toko secara keseluruhan mulai dari kebersihan, tata letak barang yang sesuai dan sejenis hingga dekorasi ruangan yang cocok.

Kendala Membuka Usaha Toko Kelontong

pexels.com

Membuka usaha toko kelontong bukanlah tanpa kendala, ada beberapa hal yang biasa timbul dan menjadi masalah bagi pemilik toko. Hal ini tentu cukup meresahkan, apalagi jika sampai menimbulkan kerugian dalam jumlah besar. Beberapa kendala yang kerap dialami dalam usaha ini antara lain adalah:

  1. Hutang Macet

Jenis usaha ini sangat rentan terhadap konsumen yang berhutang, bahkan tidak jarang usaha macet karena banyaknya yang berhutang. Jika jumlahnya sedikit mungkin masih tidak berpengaruh, tapi jika jumlahnya besar maka Anda harus mengambil tindakan penanganan agar usaha tidak gulung tikar.

  1. Barang Tidak Laku dan Kadaluarsa

Persaingan yang ketat atau kesalahan dalam memprediksi barang kebutuhan di masyarakat kerap mengakibatkan barang tidak laku hingga akhirnya kadaluarsa. Hal ini tentu akan membuat usaha mengalami kerugian jika tidak diatasi dengan baik dan dilakukan pencegahan yang tepat.

  1. Barang Rusak

Ada dua kemungkinan kesalahan yang menyebabkan kondisi ini. Pertama, Anda tidak teliti dalam membeli barang dari supplier. Kedua, barang diletakkan pada tempat yang salah. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menukar barang ke agen atau jual setengah harga untuk memperkecil kerugian.

  1. Uang Palsu

Tidak dapat dipungkiri, penyebaran uang palsu memang sangat meresahkan. Itu sebabnya Anda harus selalu mengecek asli tidaknya uang yang diterima untuk menghindari pembelian dengan uang palsu.

  1. Konsumen

Karakter konsumen yang berbeda-beda terkadang juga menjadi kendala dalam sebuah usaha. Misalnya saja karena satu konsumen yang terlalu banyak bicara sehingga membuat konsumen lain menunggu lebih lama. Atau karena Anda yang terkesan jutek sehingga membuat konsumen tidak nyaman berbelanja.

Yang terpenting dalam membuka usaha toko kelontong ini adalah niat dan tekad yang kuat. Sebab tanpa kedua hal ini, usaha Anda dapat dengan mudah tersingkir dengan toko lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *