Umum

Macam-Macam Manfaat Membuat Kerajinan dari Kertas Origami

Kertas origami ini berasal dari Jepang untuk membuat kerajinan dengan melipat kertas menjadi beragam macam bentuk, mulai dari bentuk hewan, tanaman, dan benda-benda yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari. Ternyata, membuat kerajinan dari kertas origami ini memiliki manfaat personal terutama bagi perkembangan anak loh, apa saja itu?

  1. Melatih imajinasi

Kertas origami bisa digunakan untuk membentuk beragam macam makhluk hidup atau benda mengikuti pola-pola tertentu. Saat membuat kerajinan dari kertas origami, anak akan diajak untuk sembari membayangkan bentuk yang akan dihasilkan dari lipatan-lipatan kertas tertentu, sehingga hal ini bisa melatih imajinasi anak.

 

  1. Melatih kemampuan motorik

Melipat dengan rapi melibatkan kemampuan motorik yang baik, sehingga bisa melatih anak untuk melatih perkembangan motoriknya terutama motorik tangan.

 

  1. Melatih otak untuk berpikir

Mengikuti pola-pola tertentu dalam membuat kerajinan dari kertas origami melatih otak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Jika Anda ingin melatih otak untuk anak Anda, maka membuat kerajinan menggunakan kertas origami adalah jawabannya.

 

  1. Melatih ketekunan

Untuk mencapai suatu bentuk yang diinginkan, anak perlu melipat kertas-kertas origami beberapa kali hingga mendekati bentuk yang dimaksud tersebut. Hal ini melatih ketekunan anak untuk melakukan sesuatu hingga selesai.

 

  1. Melatih ketelitian

Selain ketekunan, seni melipat kertas juga bisa melatih ketelitian, apakah pola yang dibentuk dari lipatan sudah sesuai dengan pola yang harus diikuti untuk membuat bentuk yang diinginkan atau belum.

 

  1. Melatih kemampuan untuk membuat sesuatu secara sistematis

Untuk membuat suatu bentuk, ada langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melipat kertas. Hal ini melatih anak untuk membuat sesuatu secara sistemis dengan langkah-langkah yang berurutan.

 

  1. Melatih daya ingat

Pola untuk membuat suatu bentuk dari kertas origami juga bisa diingat dan bersifat menambah pengetahuan-keterampilan. Dari hal itu, bisa dikatakan bahwa kerajinan tangan dari kertas origami bisa melatih daya ingat anak.

 

Itulah hal-hal yang bisa kamu dapatkan dari kerajinan tangan melipat kertas yang juga mendukung perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *