Kesehatan

Meski Terlihat Kurus, Tinggi Badan Jokowi Cukup Bagus

Perawakan tubuh seorang pejabat negara biasanya identik dengan seseorang yang bertubuh tinggi besar dan subur, bahkan buncit. Perut buncit sering juga dihubung-hubungkan dengan simbol kemapanan secara ekonomi. Namun, sangat berbeda jika Kita lirik sebentar Presiden Kita yaitu Jokowi, tubuhnya terlihat kurus. Padahal, untuk ukuran orang Asia Jokowi memiliki tinggi badan yang cukup bagus yaitu 175 cm.

Namun, berat badannya kurang dari standar ideal karena terus mengalami penurunan berat badan. Jokowi mengaku bahwa Beliau memang memiliki nafsu makan yang rendah dan tidak suka makan camilan. Beliau juga kerap kali lupa dengan makannya, terutama saat bekerja hingga malam hari. Menurut pengakuan ibu Beliau, Presiden Jokowi sejak kecil memang sulit makan atau nafsu makannya kurang.

Memiliki badan yang terlalu kurus atau underweight artinya Anda sedang berada di kondisi yang tidak sehat. Hal ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh lemah, anemia, kekurangan energi, tulang keropos hingga gangguan kesuburan. Oleh sebab itu, penting sekali mencari tahu penyebab badan kurus dan mulai berupaya untuk mencapai berat dan tinggi badan ideal.

Faktor Penyebab Tubuh Kurus

pixabay.com

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang menjadi kurus dan susah memiliki berat badan dan tinggi badan ideal? Selain karena nafsu makan yang rendah seperti yang dialami Presiden Jokowi, ada beberapa hal yang menyebabkan badan kurus, antara lain:

Genetik atau Keturunan

Faktor utama yang mempengaruhi tubuh Kita tentu saja genetik atau keturunan dari orang tua. Mereka yang memiliki orang tua bertubuh kurus umumnya memang akan mewarisi gen dari orang tuanya dan juga memiliki tubuh kurus. Hal ini cukup wajar karena beberapa orang memang terlahir dengan metabolisme lebih tinggi dari biasanya sehingga menyebabkan tubuh kurus.

Aktivitas Fisik

Faktor selanjutnya yaitu aktivitas yang dilakukan seseorang yang pasti berbeda dengan orang lain. Aktivitas sehari-hari atau olahraga yang terlalu berat bisa membuat orang menjadi kurus. Namun jika berlebihan bisa terlalu kurus dan tidak ideal, cobalah untuk menghitung berat dan tinggi badan ideal agar bisa menyesuaikan.

Selain berat badan, tinggi badan juga bisa dipengaruhi oleh faktor aktivitas atau olahraga. Dengan berolahraga teratur bisa juga meninggikan badan, atau bisa dibantu dengan suplemen tiens peninggi badan yang aman dikonsumsi.

Kondisi Kesehatan

Seseorang terlahir dengan kondisi medis nya masing-masing dan hal tersebut juga bisa berpengaruh pada berat badan. Beberapa di antaranya seperti tiroid yang terlalu aktif, gangguan pencernaan, kanker dan diabetes. Bahkan jika Anda sakit dan mengkonsumsi obat dari dokter, ada beberapa obat yang menyebabkan mual lalu mengalami penurunan berat badan.

Apalagi jika Anda menjalani kemoterapi, nafsu makan akan berkurang dan berat badan jadi turun. Selain itu, kondisi kesehatan mental juga bisa berpengaruh seperti stress, depresi dan lain sebagainya.

Mendapatkan Berat dan Tinggi Badan Ideal

pixabay.com

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja mengukur tinggi dan berat badan Anda lalu mengecek status idealnya. Jika kurang dari berat badan ideal, artinya Anda kurus dan perlu mencari tahu penyebabnya. Jika kesulitan, Anda bisa konsultasi dengan dokter sehingga tahu penyebabnya dan apa yang harus dilakukan. Nah, di bawah ini terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan secara mandiri, antara lain:

Makan Makanan Bergizi dan Bernutrisi

Pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makan makanan bergizi. Sumber kalori bisa didapatkan dari buah, sayur, roti gandum, keju dan kacang-kacangan. Sedangkan sumber nutrisi didapat dari protein (daging, ikan, telur), karbohidrat (nasi merah) dan lemak.

Minum Air Mineral 8 Gelas Setiap Hari

Biasakan untuk memenuhi kebutuhan air mineral harian yaitu sekitar 7 hingga 8 gelas dalam satu hari. Air yang masuk ke dalam tubuh akan membuat metabolisme tubuh semakin lancar dan pertumbuhan semakin optimal.

Tambahkan dengan Camilan Sehat

Untuk membantu menaikkan berat badan, Anda juga boleh membiasakan makan camilan sehat yang mengandung karbohidrat dan protein sehat. Camilan ini bisa bermacam-macam atau paling aman makan buah setiap hari.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi sehat dan pertumbuhan semakin optimal. Lakukan olahraga yoga yang bisa menambah berat dan tinggi badan Anda secara alami dan membuat tubuh lebih bugar.

Nah, itulah informasi tentang faktor penyebab badan menjadi kurus dan bagaimana cara mendapatkan tinggi dan berat badan ideal. Semoga bermanfaat.