Satwa

Jenis Ular Sawah yang Harus Diwaspadai

Ular sawah adalah ular yang menghabiskan waktunya berada di sawah, jadi mangsanya tidak jauh-jauh dari tikus, katak dan hewan kecil lainnya. Di antara ular yang sering ditemukan di sawah, ada spesies ular yang sangat berbisa. Ular-ular tersebut adalah sebagai berikut.

Ular Sawah yang Harus Diwaspadai

Ular Weling

Ular sawah yang harus diwaspadai pertama adalah ular weling, yang ciri fisiknya gampang dikenali yaitu putih hitam. Ular yang panjangnya tidak lebih dari 90 cm ini sangat berbisa jadi harus segera mendapatkan pertolongan pertama jika terpatuk.

Ular Sendok Jawa

Ular sawah berbahaya selanjutnya adalah ular sendok jawa, yang panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Ular yang tersebar di Pulau Jawa dan NTT ini tidak memangsa hewan pengerat seperti biasanya, namun sesama ular yang berada di area persawahan.

Ular Bandotan Tutul

Ular ini juga termasuk jenis ular sawah yang harus diwaspadai karena bisanya sangat mematikan. Selain memiliki taring yang panjang, ular ini juga memiliki gigi kecil di belakang taring tersebut untuk menyemprotkan bisanya.

Demikianlah ulasan jenis ular sawah berbahaya yang harus diwaspadai. Ular-ular di atas biasanya pasif namun akan langsung agresif jika merasa terancam. Jadi selalu hati-hati ketika melewati area persawahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *