Pengetahuan

Inilah Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

surat lamaran kerja sendiri meurupakan salah satu syarat yang harus kita buat ketika hendak melamar sebuah pekerjaan. Dalam menulis sebuah lamaran kerja kita harus memperhatikan beberapa aspek penting, agar lamaran pekerjaan yang kita inginkan memiliki peluang lebih besar ketimbang pelamar lainnya. Baik itu segi penulisan, isi surat lamaran pekerjaan maupun hal penunjang lainnya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Struktur Surat Lamaran Kerja.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan suatu surat dari seseorang yang hendak melamar pekerjaan dan ditujukan kepada pejabat maupun pemilik perusahan yang memberikan pekerjaan ataupun jabatan. Melalui surat ini, pelamar meminta suapaya dia diberikan pekerjaan.

Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat yang bersifat formal baik itu dari segi penulisan maupun isi surat, yang dipertuntukan untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun menempati posisi/jabatan tertentu yang sesuai dengan iklan dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan.

Pada paragraf awal atau pembuka si pelamar perlu menyebutkan sumber dimana dia mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan itu, baik surat kabar maupun media lainnya.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Sebagai tanda tertulis permohonan pekerjaan

Pada poin ini tentunya sebagai fungsi utama surat lamaran kerja, karena dengan adanya surat ini sebagai bukti permohonan yang resmi untuk melamar sebuah pekerjaan. Sehingga anda akan diterima sebagai pihak permohon dan akan dipertimbangkan dalam menerima lamaran tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan

Dalam sebuah surat lamaran kerja biasanya akan terlampir berbagai macam berkas sebagai bahan pertimbangan, mulai dari berkas persyaratan dari perusahaan pemberi pekerjaan, data diri pribadi maupun berkas – berkas penunjang lainnya. Sehingga perusahaan maupun instansi tempat anda melamar akan memberikan nilai tambah kepada setiap berkas penunjang yang anda berikan.

pxhere.com

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Gunakanlah bahasa formal

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan hendaklah menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena surat ini sifatnya resmi. Namun dalam penulisannya anda juga harus memperhatikan penggunaan kata yang mudah dipahami.

Singkat padat dan jelas

Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin diatas, walaupun menggunakan bahasa baku, namun kita juga perlu menggunakan kata – kata yang mudah dipahami. Selain itu isi pada surat lamaran kerja ini usahakan singkat padat dan jelas, yang menjelaskan maksud anda dan siapa anda.

Penulisan surat lamaran kerja

Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan anda menulis sebuah surat lamaran kerja dengan manual, karena dengan cara ini pihak pemberi pekerjaan bisa menilai bagaimana pribadi seseorang. Namun semakin berkembangnya jaman, tidak sedikit juga perusahaan yang memberikan keleluasaan bagi pelamar untuk menggunakan komputer dalam menulis sebuah surat lamaran kerja.

Perhatikan isi surat lamaran kerja

Dengan bahasa yang baku namun tetap mudah dipahami dan singkat, padat tentunya bagi sebagian orang merasa kesusahan. Cara gampangnya isi pada surat lamaran pekerjaan ini menjelaskan mengenai siapa anda dan mengapa perusahaan harus memilih anda untuk menempati posisi yang kosong tersebut. selain itu anda juga perlu melampirkan dokumen – dokumen pendukung, baik itu daftar riwayat hidup, fotokopi identisan dan dokumen – dokumen persyaratan dan penunjang lainnya.

pxhere.com

Struktur Surat Lamaran Kerja

Tempat dan Tanggal

Letakan pada bagian pojok kanan atas ataupun pojok kiri atas

Lampiran dan Perihal

Jangan disingkat dalam penulisannya

Contoh :

Lampiran       : 3 Lembar

Perihal           : Surat Lamaran Pekerjaan

Alamat surat

Kemana surat lamaran kerja anda ditujukan

Contoh :

Yth. Manager Kobesah Coffe

Jalan Sengkuni No. 09

Yogyakarta

Salam Pembuka

Contoh :

Dengan hormat,

Berdasarkan bla bla bla

Ataupun

Dengan hormat, berdasarkan bla bla bla

Paragraf Pembuka

Pada paragraf pembuka ini sebutkan dari mana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini, baik itu surat kabar maupun media – media lainnya.

Contoh :

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media social Facebook, dibutuhkan  seorang Sytem Analist, maka dengan surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk bergabung dengan perusahaan bla bla bla

Isi

Pada bagian ini biasaya berupa informasi mengenai identitas si pelamar

Contoh :

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     : Bambang Sugiono

Tempat, Tanggal Lahir        : Rumah sakit, 16 Januari 1994

Pendidikan                           : S1 Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Alamat                                    : Jalan kepodang No. 99, Jepara

No. HP                                   : 08122222223

Email                                      : [email protected]

  • Maksud dan Tujuan

Jelaskan secara singkat maksud dan tujuan anda secara singkat dan jelas

  • Lampiran

Berikan pernyataan bahwa anda menyertakan lampiran sebagai penunjang maupun persyaratan untuk lowongan pekerjaan ini.

Penutup

Pada kalimat penutup pada surat lamaran kerja kita harus menunjukan kesan kepada pemilik perusahaan atau HRD bahwa kita sangat antusias untuk dapat bekerja di perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja baru.

Contoh :

Demikian surat lamaran kerja saya, adapun besar harapan saya untuk dapat bergabung kedalam Tim Nahkoda Kapal diperusahaan bla bla bla

Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Tanda tangan dan nama lengkap ini bisa deletakan pada pojok kanan maupun kiri surat.

Contoh :

Hormat saya,

 

Bambang Kentolet