Satwa

Ciri Khas Rusa Tutul

Rusa tutul merupakan salah satu jenis rusa yang ada di Indonesia. Seperti namanya, rusa ini memiliki tutul pada tubuhnya yang menjadikan ciri khas dari rusa ini. Rusa tutul memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tubuh rusa jawa. Rusa tutul memiliki keunikan yakni tubuhnya yang tertutup oleh mantel rambut yang berwarna coklat agak kemerahan dengan totol-totolnya yang berwarna putih yang biasanya terdapat pada bagian dagu.

Ciri Khas Rusa Tutul

Rusa tutul terlihat tampak lebih ramping dengan ukuran tubuhnya yang hanya 91 cm dengan panjang ekornya yang mencapai 20 cm hingga 30 cm. Adapun berat dari rusa tutul ini pada umumnya kurang dari 45 kg. Adapun rusa jantan memiliki berat badan antara 27 hingga 45 kg dengan tinggi badan antara 60 – 100 cm. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah adanya totol-totol yang tersusun seperti garis yang bersebar secara tidak beraturan.

Habitat Rusa Tutul

Rusa tutul tersebar di beberapa tempat seperti hutan kayu, hutan muda, tepian sungai di wilayah India, Srilangka, dan rusa ini juga diperkenalkan di Australia. Rusa ini juga tersebar di berbagai wilayah yang di Indonesia. Habitat yang juga disukai oleh binatang ini adalah di padang rumput pada daerah yang beriklim tropis maupun subtropis. Binatang ini terkenal memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi yakni meliputi daerah pegunungan, rawa-rawa, hutan, dan sebagainya.

Rusa tutul biasanya hidup berkelompok yang mana dalam satu kelompok biasanya terdapat ratusan rusa jantan, rusa betina serta anak-anaknya. Kelompok rusa tutul biasanya dipimpin oleh rusa betina yang berusia paling tua yang mana perannnya adalah memberikan informasi kepada kelompoknya seperti infromasi tentang adanya bahaya yang mengancam kelompoknya. Dalam hal ini, ketika pimpinan rusa tutul memberikan kode untuk waspada, maka rusa jantan yang paling kuat akan menggantikan posisi pemimpin kelompoknya untuk mengamankan kelompok tersebut dari bahaya yang datang. Nah itu dia keunikan dari rusa tutul yang menjadi salah satu jenis rusa yang hidup di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *