Kesehatan

Selain Cantik Inilah Manfaat Bunga Sepatu yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai tanaman hias, bunga sepatu tentu sangat menarik dengan keindahannya. Bunga ini dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Bunga ini tidak membutuhkan perawatan khsusus sehingga biasanya banyak menghiasi halaman rumah.

Selain indah, bunga sepatu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi beberapa penyakit. Kandungan nutrisi pada bunga sepatu dapat anda manfaatkan untuk berbagai pengobatan baik herbal maupun generik.

7 Manfaat Utama Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Bunga sepatu dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk diubah menjadi olahan minuman. Walaupun banyak yang menanam bunga ini, namun masih sedikit sekali yang mengetahui manfaatnya. Berikut beberapa khasiat dari bunga sepatu yang perlu anda ketahui:

  1. Menurunkan Gula Darah

Zat antidiabethic pada bunga sepatu dapat mencegah naiknya kadar gula darah pada tubuh anda. Zat ini dapat anda temukan pada bagian akar tanaman ini.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tekanan darah tinggi sangat beresiko untuk kesehatan sehingga anda perlu segera mengatasinya. Ekstrak bunga sepatu memiliki kandungan zat sapponins yang membantu mengikat kolesterol dalam darah.

  1. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Anda dapat mengatasi berbagai penyakit terkait gangguan pernafasan seprti bronkhitis, batuk dan flu. Anda juga dapat mendapatkan kandungan vitamin C yang terdapat pada bunga dengan teh bunga sepatu.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun menjadi hal yang penting karena dapat menangkal berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan. Ekstrak kembang sepatu dapat anda manfaatkan untuk melawan kuman T cells dan E Cells.

  1. Menyehatkan Rambut

Daun dari bunga sepatu dapat digunakan untuk membersihkan rambut. Perasan daun bunga sepatu juga membantu anda untuk menutrisi rambut agar lebih lebat, sehat, dan kuat. Perasan daun bunga sepatu dapat anda gunakan sebagai perawatan rambut harian anda.

Keindahan bunga sepatu memang dapat memanjakan mata, namun siapa sangka dibalik keindahannya bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *