Teknologi

Ini Dia Fungsi Harddisk yang Harus Kamu Ketahui

Harddisk merupakan perangkat dari sebuah komputer yang memiliki fungsi utama untuk penyimpanan data dan program. Harddisk adalah Device stroge utama dalam komputer, jadi baik data maupun program akan tersimpan dalam harddisk.

Data-data maupun program-program yang tersimpan dalam harddisk tidak akan hilang bahkan ketika perangkat komputer/laptop dimatikan sekalipun. Maka dari itu harddisk memiliki peran untuk penyimpanan secara permanen (data tidak akan terhapu atau hilang). Untuk kapasitas daya tampung harddisk pun cukup besar. Tidak hanya untuk menyimpan data dan program saja kuotabro juga akan membahas fungsi lain dari harddisk.

Ini dia fungsi harddisk yang harus kamu ketahui

pexels.com

Selain untuk menyimpan data dan program ternyata harddisk mempunyai fungsi lain yang jarang diketahui oleh penggunanya. Berikut ini fungsi lain harddisk:

  1. Lokasi penyimpanan data dari software

Ternyata aplikasi dan software memerlukan space dari harddisk supaya dapat terinstall di dalam komputer. Maka dari ketika pengguna sebuah laptop memerlukan banyak sekali aplikasi pada laptopnya, penggunaan harddisk tentunya memiliki peranan yang sangat penting dan fungsinya sangat vita. Sebab jika harddisk terlalu penuh, sangat berpengaruh pada untuk kinerja aplikasi tersebut.

  1. Untuk Media Back-up

Back up atau bantuan penyimpanan file merupakan fungsi lain dari harddisk. Bagi pengguna yang khawatir data-data pentingnya hilang, maka dapat memanfaatkan perangkat harddisk untuk membackup data serta mengamankan file-file penting.

  1. Untuk menyimpan data dari OS

Windows adalah salah satu OS yang banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Tentunya windows dan OS lainnya sangat memerlukan harddisk agar dapat terinstall juga agar bisa beroperasi di dalam sebuah komputer. Sebab itu fungsi utama dari harddisk yaitu untuk menginstall OS. Karena tanpa sebuah OS, komputer tidak akan berfungsi dengan normal dan tidak akan berguna bagi penggunanya.

  1. Untuk menyimpan berbagai file dari user

Harddisk secara umum bagi user memiliki fungsi vital yaitu untuk menyimpan berbagai macam file, data, dokumen virtual, seperti; doc, mkv, mp3, dan masih banyak beragam jenis file lain yang penting yang dimiliki oleh user yang harus ada dan tersimpan dalam sebuah harddisk. Maka dari itu, bisa juga disebut “nyawa” bagi para user. Sebab terdapat banyak sekali file penting milik penggunanya yang ada dalam sebuah harddisk.

  1. Tempat menyimpan database

Database adalah salah satu bagian penting dalam sebuah sistem komputer. Karena dapat membantu aplikasi ataupun program agar dapar berfungsi dengan baik dan normal.

Database yang tersimpan dalam sebuah harddisk akan menjadi server kompter, yang mana informasi dari database yang ada dan tersimpan dalam harddisk server itu nantinya akan diakses dengan mudah oleh client-client. Oleh sebab itu, pemakaian harddisk sebagai database pastinya memerlukan harddisk yang kemampuan membaca yang tinggi. Supaya tidak terjadi suatu masalah atau kendala ketika melakukan pengambilahsebuah data.

Hal Yang Diperhatikan Sebelum Memilih Hardisk

pixabay.com

Setelah kamu tahu hardisk sangat penting bagi komputer, maka ketika memilih harddisk tidak boleh sembarang pastinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih perangkat harddisk seperti:

  • Cari harddisk yang sesuai dengan spek dari kommputer atau laptop yang kamu miliki. Usahakan semua bagian-bagiian dalam laptop harus sesuai dengan.
  • Pilihlah harddisk dengan kapasitas yang cukup besar. Minimal carilah harddisk dengan kapasitas minimal 500 GB.
  • Pilih harddisk yang merk dan aftersales nya juga baik. membeli harddisk yang baik itu ditandai dengan penjualnya memberikan garansi penuh apabila terjadi kerusakan pada harddisk yang kamu beli.
  • Setelah harddisk di install, segera cek apakah harddisk tersebut berjalan dengan baik pada laptop atau kompoter kamu atau tidak baik dan tidak sempurna. Penggunaan harddisk pada laptop atau komputer harus sempurna dan baik tanpa ada bad sector sama sekali.

Tips Merawat Harddisk

Agar harddisk dapat berfungsi dengan baik. maka harddisk juga perlu perawatan yang baik supaya tidak cepat terjadi kerusakan, seperti bad sector atau kerusakan pada pin harddisknya. Maka dari agar pembaca kuotabro.com lebih paham lagi bagaimana cara merawat harddisk, simak dibawah ini tips-tips merawat harddisk agar tidak mudah rusak:

  1. Perangkat harddisk tidak boleh dibanting, karena dapat mengurangi cara kerja komputer dan pastinya harddisk cepat rusak jika dibanting-banting terus. Sebab akan terjadi pergeseran perangkat dalam komputer tersebut.
  2. Pastikan menggunakan harddisk yang sesuai dengan spesifikasi dari kompumter yang kamu miliki.
  3. Tidak boleh menggoyang-goyangkan harddisk saat harddisk sedang bekerja membaca sebuah data. Sebab ketika menggoyang-goyangkan harddisk ketika sedang mambaca data akan terjadi data
  4. Jangan menyimpan atau meletakkan harddisk yang sedang bekerja di tempat yang panas. Sebab akan terjadi overheat yang akan terjadi bukan hanya harddisknya saja yang rusak. Tetapi bisa juga merusak komponen komputer yang lainnya.

Nah itu dia fungsi lain dari sebuah harddisk. Semoga dengan membaca artikel kuotabro.com ini, kamu dapat memaksimalkan fungsi-fungsi lain dari sebuah harddisk. Selain itu juga semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *