Umum

Perubahan Yang Terjadi Pada Paru-paru Perokok

Merokok saat ini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Meskipun identik dengan pria, namun saat ini wanita juga banyak yang melakukan aktivitas tersebut. Namun, tahukah kamu jika merokok akan merubah kondisi paru-paru? Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa perubahan yang terjadi pada paru-paru perokok.

1. Hambatan pertukaran oksigen

Proses bernapas pada orang normal terjadi ketika udara masuk dari hidung dan turun ke alveoli. Pada alveoli nantinya oksigen akan bertukar dengan karbon dioksida. Namun, proses ini akan mengalami hambatan ketika orang tersebut merokok. Hal ini karena alveoli dan struktur kapilernya mengalami gangguan sehingga akan mempersulit proses pertukaran oksigen tersebut.

2. Perubahan paru-paru secara fisik

Asap dari rokok yang sudah dihirup masuk ke paru-paru nantinya akan memberikan pengaruh pada kapiler dan juga seluruh pembuluh darah pada tubuh manusia. Hal tersebut nantinya akan menimbulkan kerusakan dan membuat pengiriman aliran darah ke paru-paru terganggu.

3. Mengurangi kapasitas paru-paru

Merokok juga nantinya akan mengutangi kemampuan paru-paru dalam menarik napas. Hal ini terjadi karena merokok dapat mengurangi elastisitas otot polos di saluran udara paru-paru sehinggan jumlah udara yang mampu dihirup akan jauh berkurang. Tentu hal ini juga bisa berdampak pada penyakit sesak napas.

4. Kehancuran paru-paru

Para perokok biasanya akan mengalami masalah pernapasan. Seringkali kerusakan paru-paru tersebut tidak menimbulkan gejala sehingga orang tidak akan menyadari. Sayangnya, paru-paru justru akan mengalami kehancuran jauh sebelum gejala itu terasa.

5. Warna paru-paru

Sebelumnya perlu diketahui bahwa paru-paru yang sehat memiliki warna merah muda hingga abu-abu dan memiliki bintik-bintik di permukaannya. Namun, untuk para perokok warnanya justru cenderung kehitaman dan memiliki pertikel kecokelatan.  Hal tersebut berasal dari endapan partikel racun yang datang melalui asap rokok.

Demikianlah artikel singat mengenai paru-paru perokok. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu mengetahui lebih dalam mengenai paru-paru dan juga mengurangi kebiasan merokok agar hidup menjadi lebih sehat. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *