Bisnis

Tips dan Cara Jualan di Zalora Yang Sukses

Zalora merupakan salah satu e-commerce pertama di Indonesia yang khusus berkonsentrasi pada penjualan di bidang fashion. Meskipun di Indonesia menjadi yang pertama, namun di Negara asia tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapore, philipines, brunei, vietnam dan thailand zalora sudah berjaya terlebih dahulu dan saat ini telah menjadi e-commerce yang mendunia dan terpercaya.

Karena kesuksesan zalora sebagai e-commerce di bidang fashion ini, maka banyak brand baju dan para penjual baju yang melirik zalora sebagai media pemasaran bisnis online hingga menjadikannya sebagai sarana penjualan produknya. Untuk dapat bergabung dengan zalora maka anda harus memenuhi beberapa syarat-syarat yang di berikan oleh pihak zalora kepada calon penjual.

Syarat-syarat menjadi penjual di zalora

Agar anda dapat berjualan di zalora maka anda harus memenuhi beberapa kualifikasi yang telah di tetapkan oleh pihak zalora kepada calon penjualnya. Zalora memberlakukan seleksi yang cukup ketat, hal ini di karenakan agar terjaga keamanan dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi. Selain itu juga hanya penjual-penjual yang berkualitas dan yang memiliki produk kualitas tinggi yang bisa berjualan di zalora ini. adapun syarat-syarat untuk menjadi calon penjual yang harus di penuhi adalah sebagai berikut.

Isi formulir calon penjual

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran sebagai calon penjual. Pertama masuklah ke website resmi zalora di www.zalora.co.id kemudian selanjutnya pilih menu layanan yang berada di bagian bawah website, setelah itu pilih menu cara berjualan.

Disitu anda akan diberikan beberapa gambaran mengapa memilih zalora sebagai mitra e-comerce untuk penjualan brand fashion anda. di halaman ini anda akan di berikan berbagai gambaran mengenai zalora melalui sebuah video yang bisa anda klik dan putar, kemudian penjelasan-penjelasan singkat dan beberpa kelebihan serta keunggulan memilih zalora.

Setelah anda melihat, membaca dan memahami maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan mengisi formulir calon penjual. Caranya pada tampilan jendela, di situ terdapat beberapa sub menu diantaranya kenapa bergabung, kriteria brand dan ayo gabung. Pilih menu ayo gabung kemudian tunggu proses beberapa saat hinggu muncul sebuah formulir yang wajib di isi oleh calon penjual. Isilah formulir tersebut dengan lengkap sesuai data diri anda kemudian klik submit.

Tentukan brand yang akan anda jual

Di dalam formulir tersebut anda di suruh mengisi sebuah kolom yang berisi tetang website anda, sosial media anda dan segala hal mengenai informasi produk brand fashion yang akan anda jual. Hal ini digunakan untuk menentukan brand apa yang akan anda jual, masukan informasi sedetail mungkin dan selengkap mungkin tentang produk anda agar team zalora lebih mudah dalam mereview produk anda sehingga tak butuh waktu lama untuk mendapatkan persetujuan dari team zalora.

Setelah selesai mengisi formulir beserta informasi produk dengan lengkap maka langkah selanjutnya adalah tunggu kurang lebih 3-7 hari hingga team zalora menghubungi anda.

Sistem penjualan produk di zalora

Di dalam e-commerce zalora ini terdapat 2 jenis sistem penjualan produk yang bisa anda pilih. Sehingga memudahkan penjual dalam menentukan sistem penjualan sesuai dengan kebutuhan dan kenyaman penjual itu sendiri. 2 jenis sistem penjualan ini yakni sistem consignment dan sistem drop shipment.

Sistem penjualan secara consignment

Untuk sistem penjualan secara consignment caranya adalah penjual mempercayakan sepenuhnya untuk produk brand tersebut di kelola oleh gudang zalora. Pihak penjual akan memberikan stok barang yang akan di jual ke zalora yang kemudian oleh zalora akan di simpan di gudang milik zalora.

Sehingga jika ada konsumen yang membeli barang tersebut maka team zalora akan mengirim barang tersebut melalui gudang zalora sesuai dengan stok yang telah di sediakan. Consignment ini lebih tepatnya menitipkan suatu barang ke zalora untuk kemudian di pasarkan dan agar mudah dalam hal packing dan pengiriman maka barang tersebut di letakkan di gudang milik zalora.

Sistem penjualan secara drop shipment

Untuk sistem penjualan secara drop shipment maka anda tidak wajib meletakan barang di gudang zalora, karena anda hanya menggunakan e-comerce zalora ini sebagai mitra atau media pemasaran saja. Jika ada konsumen yang memesan produk anda melalui zalora maka anda akan packing sendiri untuk kemudian di kirim ke gudang zalora dan di teruskan ke konsumen. Sehingga pihak zalora hanya bertugas sebagai perantara saja atau sebagai media untuk promosi saja.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai langkah bagaimana cara berjualan di zalora, jika anda meyukai bidang fashion dan memang memiliki toko baju atau brand merk sendiri maka zalora ini cocok untuk di jadikan mitra bisnis anda. dengan kepopuleran zalora dan sudah di percaya oleh banyak konsumen maka tak usah ragu lagi untuk bergabung bersama zalora menjadi bagian dari e-comerce fashion terbesar saat ini. apalagi saat ini berbelanja melalui online bukanlah hal yang baru lagi di masyarakat dan bahkan masyarakat cenderung memilih untuk berbelanja secara online karena lebih praktis, hemat dan waktu lebih efisen.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *