Kesehatan

Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Keras

Masalah telinga yang sering dihadapi banyak orang adalah kotoran yang keras. Lalu bagaimana cara melunakkannya agar  tidak inveksi atau sulit dikeluarkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kotoran bisa dikeluarkan dengan cepat dan tidak sakit.

Beberapa jenis cairan bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga agar lebih lunak dan keluar dengan sendirinya. Jika menggunakan cotton bud ataupun mengkoreknya dengan alat lainnya akan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri pada telinga.

Bersihkan telinga dengan cara yang mudah menggunakan cairan agar telinga bisa terasa aman dan nyaman. Kotoran yang lunak akibat cairan akan membuat kotoran bisa lebih mudah dikeluarkan. Cairan yang biasa digunakan adalah sebagai berikut.

Jenis Cairan Untuk Melunakkan Kotoran Telinga

  1. Hidrogen peroksida

Hydrogen peroksida adalah cairan paling ampuh untuk melunakkan kotoran telinga. Hydrogen peroksida terdiri dari ekstra oksigen agar bisa mengurangi kotoran yang mengeras dalam telinga dengan cepat dan ampuh, sehingga tidak akan terjadi infeksi karena kotorannya sudah lunak dan bisa keluar dengan sendirinya.

Bersihkan dengan kapas agar kotoran yang keluar tersebut bersih di telinga bagian luar. Maka dari itu jangan mencoba mengkoreknya apalagi menggunakan cotton bud karena akan menimbulkan rasa sakit dan infeksi.

  1. Minyak kelapa

Cairan berupa minyak kelapa merupakan salah satu cara yang sangat ampuh membersihkan kotoran keras pada telinga. Kandungan rantai asam lemak dalam jumlah medium ini mampu membersihkan telinga dari kotoran yang sangat keras sekalipun.

Caranya hanya dengan memanaskan minyak kelapa terlebih dahulu. Gunakan pipet untuk memasukkan tetesan minyak kedalam telinga dengan memiringkan kepala. Diamkan beberapa menit untuk melunakkan kotoran di dalam telinga. Setelah itu anda bisa membersihkan menggunakan kapas karena kotoran akan keluar dengan sendirinya.

  1. Minyak bayi

Minyak bayi atau baby oil juga bisa digunakan untuk membersihkan telinga bagian dalam sama seperti minyak kelapa dan hydrogen peroksida. Zat yang terkandung didalamnya mampu melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras karena lama tidak di bersihkan dan menumpuk.