Umum

Penyakit Pada Daun Padi

Hampir pada semua tanaman masing-masing bagian memiliki peranan yang penting, akar berperan menyerap kandungan nutrisi, batang sebagai penopang utama tanaman, serta daun yang berfungsi menangkap sumber daya energy sebagai bahan bakar pengolahan nutrisi.

Daun yang sehat akan menghasilkan tanaman sehat dan buah yang bagus termasuk pada padi, padi yang sehat juga bisa dilihat dari daunnya, dibawah ini adalah beberapa penyakit yang biasanya menyerang daun padi.

PENYAKIT HAWAR DAUN

Hawar daun merupakan salah satu penyakit padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris pv oryza, penyakit ini menyerang langsung pada daun padi pada saat musim hujan atau pada saat kemarau basah. Penyakit ini menyerang tanaman padi anakan maupun padi muda, penyakit ini ditandai dengan warna daun hijau kelabu, daun melipat atau menggulung kemudian layu dan mati.

Cara menanggulangi penyakit ini adalah dengan pengaturan air yang cukup, misalnya adalah maksimal 2 kali pengairan dalam satu minggu dengan pengeringan lahan pada sela-selanya. Pada padi yang akan ditanam untuk menghindari penyakit ini bisa juga diantisipasi dengan model penanaman jajar legowo atau system penanaman padat berongga.

PENYAKIT BERCAK DAUN

Penyakit padi kedua yang seringkali menyerang daun tanaman adalah bercak daun, penyakit bercak daun disebabkan karena serangan jamur Helmintosporium oryzae, sasaran jamur ini dapat menyerang pada kecambah buah padi atau buah barunya, seta menjalar pada daunnya. Tanda-tanda serangan bercak daun adalah pada padi siap berbuah biji buahnya busuk, sedangkan pada padi dewasa ditandai dengan membusuknya daun, mongering, namun bijinya tetap berisi dan bercak.

Bercak daun bisa dikatakan penyakit bawaan tanaman padi, cara menanggulangi penyakit ini bisa dilakukan sebelum proses pembibitan, yaitu dengan cara merendam benih padi dengan air hangat setelah direndam pada air dingin.

PENYAKIT BUSUK DAUN

Penyakit ketiga yang sering menyerang bagian daun padi adalah busuk daun, penyakit busuk daun disebabkan infeksi jamur Rhizoctonia sp. Penyakit ini menyerang langsung pada pelepah atau daun tanaman padi, infeksi jamur ini banyak ditemukan pada padi dewasa yang siap untuk membentuk anakan padi.

Karena karakternya mirip seperti penyakit bawaan bercak daun maka antisipasinya juga hampir sama, antisipasi persiapan penyemaian benih dengan memilih benih unggulan agar jumlah produksi dan kualitas hasil panen baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *