Wisata

Yuk Mengenal Lebih Banyak Mengenai Pesona Wisata Misool Raja Ampat

Jika Anda sedang berencana untuk mendatangi daerah Papua Barat, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Kepulauan Raja Ampat. Dari sekian banyak pulau yang ada di sana, ada satu pulau yang masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Pulau Misool Raja Ampat merupakan pulau yang masih memiliki pesona asri dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Tertarik? Silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Pulau Yang Disebut Sebagai Surga Tropis

Pulau tersebut merupakan salah satu dari empat pulau terbesar yang ada di gugusan kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Dengan luas wilayah sebesar 2.034 km2, pulau ini terbagi menjadi dua bagian pulau yang disebut sebagai bagian barat dan timur selatan. Pulau ini berada di dekat kota Sorong dan kepala burung Papua Barat, karena itulah letak pulau ini berbatasan langsung dengan jalur lintas bintang lepas, laut Seram.

Perjalanan Untuk Menuju Pulau Eksotis Ini

Bagi Anda yang ingin berkunjung dan berwisata ke pulau ini, salah satu fasilitas yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan kapal Express. Untuk sekali perjalanan, tarif yang dibanderol berkisar 200 ribuan. Kapal ini adalah kapal yang melayani rute dari kota sorong menuju ke pulau Misool Raja Ampat, dalam waktu 4 – 5 jam. Jika Anda mencari yang lebih murah, Anda juga bisa menggunakan kapal biasa dengan tarif 70 ribuan saja, namun perjalanannya bisa mencapai 10 jam.

stocksnap.io

Lokasi Wisata Mempesona Yang Wajib Anda Datangi

Mungkin bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi ini akan bertanya apa saja yang bisa dilakukan dan di mana saja tujuan wisatanya. Sebagai salah satu pulau yang memiliki perbukitan dan pantai yang indah, tentunya Anda tidak akan kehabisan tujuan wisata di pulau ini. Mulai dari tujuan wisata mendaki hingga tujuan wisata bawah laut untuk menikmati lautan birunya, Anda pasti akan selalu dimanjakan akan keindahannya.

Untuk sensasi liburan yang sedikit berbeda, luangkan waktu Anda untuk pergi mendaki ke puncak Harfat Peak. Untuk mencapai puncak ini Anda perlu melakukan trekking melewati beberapa bukit dan anak tangga yang sudah tersedia. Setelah Anda mencapai puncak bukit ini, akan terlihat begitu jelas tampilan cantik akan semua pemandangan pulau Misool Raja Ampat, gugusan pulau-pulau karst lainnya dan lautan biru yang membentang dengan luas.

Selain mendaki puncak perbukitan, Anda juga bisa melihat dan menemukan lokasi indah di Yapap. Lokasi ini merupakan perairan dangkal yang memperlihatkan kejernihan air yang seperti kristal. Diikuti dengan tebing karst yang menjulang tinggi di sisinya, membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Liburan ke daerah kepulauan tidak akan lengkap tanpa pengalaman bawah laut Anda.

Jika Anda cukup bernyali, Anda bisa mencoba untuk mendatangi lokasi di danau Lenmakana. Di danau ini hidup sejenis ubur-ubur yang tidak menyengat, sehingga bisa menjadi teman berenang dan menyelam Anda. Selain itu, pulau yang dikenal sebagai surga tropis ini juga memiliki lokasi dengan pesona alam yang unik. Lokasi ini adalah sebuah laguna yang jajarannya memiliki bentuk hati. Lokasi yang disebut sebagai telaga cinta ini terletak di Distrik Misool selatan.

stocksnap.io

Aktivitas Wisata Asyik Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Pulau Misool ini memiliki pesona alam yang indah. Tujuan wisata pulau Misool Raja Ampat ini terkenal dengan deretan batu karang yang bisa Anda temukan di bagian timur, keindahan pasir putih yang membentang di pantainya, dan juga hijau pemandangan dari hutan mangrove yang tumbuh di pulau Misool. Selain itu, lokasinya yang berbatasan dengan Laut seram, akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat secara langsung binatang laut luas seperti paus, hiu, dll.

Untuk melihat beragam keindahan alam bawah lautnya, Snorkeling, diving, dan juga scuba diving adalah kegiatan wajib yang harus Anda coba. Karena lautannya yang masih jernih dan bersih Anda bisa melihat berbagai jenis ikan, terumbu karang dan berbagai macam biota laut lainnya. Bahkan saat Anda menyelam di perairan pulau yang sangat jernih ini, jarak pandang Anda bisa mencapai 25 meter!.

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menikmati aktivitas kayak dan naik perahu boat. Bagi Anda yang menyukai aktivitas naik kayak, Anda bisa menikmati keindahan biota alam bawah laut dan juga daratan dengan menyusuri perairan pantai Misool Raja Ampat menggunakan kayak Anda. Namun jika Anda ingin menyusuri dan menikmati segala pemandangan yang ada, Anda juga bisa menyewa perahu boat untuk melakukan tour atau perjalanan keliling pulau ini.

Masih belum cukup juga, pulau ini juga memiliki berbagai wisata budaya yang tidak bisa Anda lewatkan. Sempatkan sedikit waktu berwisata Anda untuk mengunjungi berbagai wisata budaya yang dimiliki pulau ini. Datangi desa-desa, kenali kehidupan para penghuni native pulau ini dan juga kenali tradisi dari para penduduk asli pribuminya. Jika Anda cukup bernyali dan suka berfoto ria, datangi lokasi foto di puncak bebatuan karts kepulauan ini.

Salah satu tempat berfoto yang cukup menarik adalah Goa Putri Termenung. Jika Anda mengunjungi lokasi ini, sempatkan Anda untuk berfoto dengan stalaktit yang memiliki bentuk unik seolah seperti patung putri yang sedang termenung. Jika Anda cukup bernyali, coba Anda kunjungi Goa tengkorak. Di goa yang satu ini Anda bisa melihat dan mempelajari tempat bersejarah dimana masyarakat pulau ini menyimpan jasad orang meninggal.

Deretan Penginapan Yang Tersedia

Untuk mengakomodasi paket wisata Anda ke pulau Misool Raja Ampat, tentunya penginapan adalah hal yang penting. Anda tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan penginapan. Beberapa rekomendasi penginapan yang bisa Anda datangi adalah Yalapale Homestay, Nut Tonton Homestay, Harfat Jaya Homestay, Panun Paradise Homestay, dan Misool Eco Resort. Setiap penginapan tersebut memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing.

Itulah ulasan mengenai tujuan wisata yang sedang naik daun ini. Pulau dengan pemandangan dan juga biota alam yang memukau ini, masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Sehingga, keasrian dan keindahannya masih murni, belum tersentuh tangan manusia. Meskipun menghabiskan cukup banyak waktu untuk mencapai lokasi ini, namun apa yang akan Anda dapatkan pastinya akan sangat sepadan dengan perjuangan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *