Home Decor

Cara Mendesain Kamar Tidur Kecil

Memiliki sebuah kamar tidur yang nyaman merupakan dambaan semua orang, tidak dapat di pungkiri bahwa hampir semua orang menginginkan hal itu. Kamar tidur yang nyaman adalah ruangan yang bisa memberikan kenyamanan di saat pemiliknya sedang beraktifitas atau beristirahat di dalam kamar.

Kenyamanan bukan hanya di dapat dari lebarnya ruangan, akan tetapi dari segi penataan serta segi pemilihan furniture di dalamnya juga harus tepat.

Jika kalian memiliki sebuah kamar dengan ukuran kecil, konsep minimalis kamar tidur bisa di terapkan untuk mewujudkan kenyamanan tersebut. Desain minimalis berarti tidak ada barang-barang yang tidak cukup penting, akan tetapi kamar tidur yang kecil harus dimanage dan diwujudkan dengan beberapa sentuhan lain, yang fungsinya adalah untuk memaksimalkan ruangan yang ada.

Sehingga mobilisasi dan aktifitas juga tetap bisa dilakukan dengan baik, meski dalam ruangan yang tidak cukup lebar. Berikut beberapa hal yang bisa diwujudkan untuk menerapkan konsep ruangan minimalis, khususnya kamar tidur.

PENGGUNAAN WARNA SEMINIMAL MUNGKIN

Pixabay.com

Konsep Kamar Set Minimalis dapat di wujudkan dengan penggunaan warna cat sebuah ruangan, dengan hanya menggunakan satu atau dua warna saja aksen kamar minimalis dapat tercipta. Impact dari hal tersebut adalah pandangan mata terhadap ruangan menjadi lebih rilex daripada penggunaan warna yang beragam.

Di sisi lain penggunaan warna tersebut juga bisa menambah kualitas kenyamanan seseorang ketika sedang beraktifitas atau beristirahat dalam kamar kecilnya.

Penggunaan warna seminimal mungkin ini juga setidaknya di sesuaikan dengan desain awal ruangan, atau warna kecenderugan yang lebih di sukai oleh pemilik kamar. Beberapa kombinasi warna yang cocok dengan ruangan tempat tidur yang cukup kecil adalah warna netral yaitu putih dan abu-abu.

Warna tersebut hampir dipastikan cocok untuk semua jenis ruangan dengan konstruksi dinding atau tembok. Sedangkan untuk kontruksi bangunan berbahan kayu atau aksen batu bisa menggunakan warna merah atau kuning.

MENCIPTAKAN  RUANG PENYIMPANAN

Pixabay.com

Cara kedua untuk mewujudkan desan kamar tidur dengan konsep minimalis adalah dengan memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada. Ruang penyimpanan tersebut tidak harus di sediakan jika memang dirasa cukup memakan ruangan, alih-alih ingin mendapatkan ruangan yang luas malah menjadi semakin sempit dengan penambahan perabotan tersebut.

Memaksimal beberapa furniture bisa jadi pilihannya, seperti kamar dinding atau perabotan yang harus ada di dalam kamar seperti lemari dan ranjang.

Dinding kamar bisa dimanfaatkan untuk menjadi rak buku menggantung, atau meja belajar dan meja kerja lipat yang tidak terlalu memakan ruang. Sedangkan kolom ranjang dapat di maksimalkan sebagai ruang penyimpanan barang-barang yang tidak digunakan terlalu sering, seperti selimut, bantal, jaket atau mantel hangat, dan beberapa barang-barang lain yang di rasa sulit untuk di perkecil.

Cara lain adalah membuat sesuatu yang multi fungsi, beberapa desain ranjang terkadang bisa menjadi satu dengan meja, atau desain lemari yang menyatu dengan rak buku dan peralatan lain.

MELEBARKAN KEPALA RANJANG

Jika rungan kamar yang saat ini kamu tinggali berbentuk seperti lorong dan memanjang, tidak ada salahnya jika menata ulang kamar tidurmu. Kamar tidur minimalis dapat di desain atau diciptakan dengan cara mudah, yaitu dengan melebarkan ranjang memenuhi lebar ruangan.

Cara ini akan membuat ruang kamar yang berukuran kecil memiliki banyak ruang tersisa, dengan catatan panjang sebuah ranjang tidak melebihi lebar ruangan serta mampu menampung tinggi seseorang yang tidur diatasnya.

Pada dinding kamar bisa di manfaatkan untuk di setting sebagai meja kerja beserta rak buku diatasnya, atau mungkin kursi kecil sebagi tempat baca. Sedangkan penataan lemari juga di letakkan menghadap panjang ruangan, sehingga kesan luas tetap dapat diraih serta mobilisasi pemilik di dalamnya juga tidak akan terganggu.

MEMAKSIMALKAN DINDING SEBAGAI TEMPAT FURNITUR

Kebanyakan orang kurang memiliki kecakapan untuk memanfaatkan fungsi lain dari sebuah dinding kamar, biasa hanya di manfaatkan sebagai tempat pajangan atau hal-hal lain. Bagi sebuah kamar dengan ukuran kecil, dinding kamar dapat dimnafaatkan untuk berbagai hal, seperti penambahan furniture pendukung atau hal-hal lain yang memiliki fungsi cukup vital bagi pemiliknya.

Ruangan kamar yang cukup kecil memang sudah sewajarnya memanfaatkan dinding untuk mewujudkan kamar minimalis nan simple. Mulai dari memanfaatkan sebagai rak, meja computer atau penambahan cermin lebar untuk menambah kesan luasnya ruangan.

Memang beberapa dinding perlu di tambahi dengan aksen unik dank has yang dapat merepresentasikan pemiliknya, namun pemilihan barangnya juga harus tepat. Pilihannya bisa jatuh pada dua hal barangnya cukup kecil namun ada beberapa buah, atau hanya satu tetapi cukup besar.

Cara lain untuk menambah kesan ruangan menjadi lebih lebar adalah dengan cara menambahkan cermin di dalam kamar. Penggunaan cermin pada dinding kamar sebenarnya hanya suatu cara untuk mengelabuhi asumsi pikiran terhadap minimnya ruangan yang ada, implikasinya adalah secara tidak langsung cermin akan memantulkan bayangan beberapa objek yang ada di dalam kamar dengan jarak yang cukup lebar dan besar. Efek inilah yang sebenarnya mampu diciptakan oleh cermin terhadap minimnya ruang.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi ruangan kamar tidur yang sempit, dengan konsep minimalis sederhana dan beberapa aksen tambahan sudah mampu mewujudkan suatu kamar tidur tanpa harus merobohkan atau merombak menjadi bangunan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *