Umum

Pantai Gandoriah Secuil Surga di Pariaman

Bagi yang berkunjung ke Kota Pariaman tentu tak lengkap rasanya kalau tidak menyempatkan mampir di Pantai Gandoriah. Pantai yang stau ini memang dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata di Pariaman.

Asal Nama Gandoriah

Sebenarnya Gandoriah sendiri berasal dari nama seorang perempuan yang ada di cerita rakyat Minangkabau. Dikisahkan Gandoriah memiliki kekasih bernama Anggun Nan Tongga yang pergi berlayar untuk mencari ketiga pamannya. Namun, karena pengkhianatan seorang kawan akhirnya ia menyangka jika kekasihnya sudah meninggal.

Hal ini membuat Gandoriah memutuskan untuk bersemedi. Di akhir cerita akhirnya keduanya bertemu kembali, namun harus menerima kenyataan pahit jika mereka tidak bisa menikah karena ternyata saudara sepersusuan.

Ragam Keindahan di Pantai Gandoriah

Pengunjung yang datang ke pantai ini akan disambut panorama laut yang menakjubkan. Tak hanya itu di sekitar pantai juga terdapat 6 gugugsan pulau kecil yang membuat pemandangan terlihat semakin cantik.

Tak cukup menikmati keindahan pantai saja, pengunjung juga dapat mencoba beragam olahraga air yang biasanya hadir di setiap hari libur. Akses ke pantai ini juga cukup mudah karena letaknya yang dekat dari pusat kota. Bahkan ada rute kereta api ke depan gerbang pintu masuk pantai ini lho.

Pantai Gandoriah hadir menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Pariaman yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya memiliki akses yang mudah, beragam fasilitas juga tersedia di pantai ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *