Umum

Rumus Massa Jenis dalam Ilmu Fisika

Berbicara tentang ilmu fisika maka Anda akan mengenal dengan rumus massa jenis. Massa jenis itu apa? Massa jenis adalah besaran kerapatan massa dari suatu benda yang kemudian diwujudkan dalam bentuk berat yang dihitung pada setiap volumenya. Benda yang memiliki ukuran lebih besar belum tentu ukurannya lebih berat hal itu karena massanya juga berbeda.

Untuk rumus massa jenis bisa diketahui dengan menghitung total massa dari zat kemudian zat tersebut dibagi dengan total volume. Jadi jika massa jenis pada benda tersebut lebih besar maka bebannya juga akan lebih berat meskipun ukuran dari kedua benda sama besar.

Jika disimbolkan dalam ilmu fisika maka Rumus Massa Jenis : ρ = m/V

Di mana :

ρ = massa jenis, satuannya SI “kg/m3”

m = massa, satuannya “kg”

V = volume, satuannya “m3”

Penerapan rumus di atas misalnya untuk menghitung massa jenis logam, air, alkohol, dan berbagai benda lainnya. Rumus ini harus Anda pahami untuk menyelesaikan berbagai soal fisika di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan Anda mengetahui rumus massa jenis maka akan mudah dalam melakukan perhitungan. Jadi nanti ketika menjumpai dalam perhitungan dari dua benda dengan dengan ukuran yang sama tapi beda beratnya, Anda bisa menghitung massanya. Massa jenis yang membedakan berat dari kedua benda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *