Pendidikan

Aplikasi HP untuk Bantu Memahami Pelajaran Matematika

Smartphone kini bisa menjadi alat bantu dalam pelajaran matematika yang bagus dan praktis. Dengan berbagai aplikasi di dalamnya, Anda bahkan bisa menyelesaikan soal-soal yang sulit hanya dalam sekejap. Berikut ini ada beberapa aplikasi smartphone yang sangat bagus untuk lebih memahami matematika.

Memahami Pelajaran Matematika Lewat HP

Beberapa aplikasi yang akan dibagikan ini seyogyanya hanya sebagai pendamping saja. Gunakan untuk mencari penjabaran soal-soal yang tidak Anda mengerti dan tidak dianjurkan untuk menjadi metode curang saat di sekolah. Jika Anda guru, sebaiknya awasi juga penggunaan aplikasi ini di kalangan murid. Berikut daftar aplikasinya.

1. Kalkulator MyScript (Gratis)

MyScript Calculator adalah aplikasi gratis berbasis Android, iOS yang hadir untuk membantu menyelesaikan persoalan matematika secara praktis. Jika Anda biasanya menuliskan persamaan dengan bolpoin di kertas, aplikasi ini memungkinkan hal yang sama di layar.

Anda cukup menuliskan persamaan di layar untuk mengetahui hasil perhitungannya. MyScript mendukung aritmetika dasar, persen, akar kuadrat, fungsi trigonometri, logaritma, dan sebagainya. Perangkat yang disarankan adalah tablet dengan stylus pen.

stocksnap.io

2. Photomath (Gratis)

Photomath (Android dan iOS)  juga sering menjadi solusi saat siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal pelajaran matematika. Tetapi, untuk yang satu ini Anda tidak perlu repot menuliskan persamaannya, melainkan cukup dengan memotretnya. Praktis dan sangat cepat.

Nantinya, sistem aplikasi akan memberi jawaban sekaligus solusi langkah demi langkahnya. Inilah keunggulan Photomath sehingga efektif digunakan sebagai media belajar. Aplikasi ini mendukung aritmetika dasar, fraksi, persamaan linear, kuadratik, sistem persamaan, trigonometri, dan banyak lagi.

3. Wolfram Alpha (Harga: $ 2,99)

Beberapa tahun lalu sebelum smartphone populer, Wolfram Alpha berbasis web sudah banyak digunakan. Sementara untuk versi Android dan iOS bisa dibeli dengan harga $2,99 saja. Tentu saja ini adalah investasi yang sangat murah untuk sebuah aplikasi serbaguna.

Mesin komputasi Wolfram Alpha ini bagaikan ‘penyihir’ untuk beragam mata pelajaran. Bukan hanya matematika, melainkan ada beberapa disiplin ilmu lainnya. Sama seperti Photomath, aplikasi ini tidak hanya akan membantu menghitung, tetapi juga memberi detail penyelesaiannya.

stocksnap.io

4. Prodigy (Gratis)

Aplikasi gratis lainnya adalah Prodigy (Android dan iOS). Yang satu ini sangat cocok untuk memahami pelajaran matematika SMP atau SD. Menariknya, metode belajar yang digunakan adalah dalam bentuk gim bergenre MMORPG. Ada tantangan yang harus Anda atasi dengan hitungan matematika.

Permainan ini dapat mendeteksi kemampuan Anda. Jadi, mereka akan menyesuaikan pilihan tantangan berdasarkan pada kekuatan dan kelemahan seseorang dalam pelajaran matematika. Prodigy bisa dimainkan secara gratis, meskipun tingkat ada pula langganan premium yang memungkinkan masuk ke area khusus anggota.

5. Socratic (Android, iOS: Gratis)

Socratic dianggap sebagai pendahulu dari metodologi ilmiah modern. Sebagai penghormatan atas hal itu, dibuatlah aplikasi berbasis Android dan iOS bernama Socratic. Aplikasi ini dapat membantu anak menemukan jawaban yang mereka butuhkan terkait matematika dan sains.

Cukup ambil foto persamaan atau pertanyaannya dan Socratic akan membantu memberikan solusi langkah demi langkah. Terkadang ada pula istilah-istilah penting, definisi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Tetapi untuk anak-anak, sebaiknya alat ini digunakan dalam pengawasan orang tua.

stocksnap.io

6. Calculords (Gratis)

Mengajari anak sekolah dasar matematika mungkin akan lebih menyenangkan dengan aplikasi Calculords (Android dan iOS). Ini adalah perpaduan yang menarik antara permainan dan keterampilan aritmetika dasar.

Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini untuk si kecil pengoperasian dasar matematika. Mulai dari penambahan, pengurangan dan perkalian, yang mana tugas tersebut harus dilakukan untuk menghancurkan basis musuh. Anak pasti akan menyukainya.

Pelajaran matematika sebenarnya adalah hal yang menyenangkan, jika dijalani dengan sungguh-sungguh dan perasaan senang. Namun terkadang, metode yang digunakan dalam belajar sangat tidak mendukung untuk itu. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba rekomendasi aplikasi di atas.

Penggunaan aplikasi tersebut bisa menjadi salah satu variasi Anda dalam mengajar di kelas. Sebagai guru Matematika memang selain paham juga harus punya inovasi dalam mengajar. Sebagai tambahan informasi, bagi Anda para guru yang masih belum berhasil menjadi PNS, bisa mempelajari berbagai contoh soal tes CPNS di sebuah blog bernama Nyampling. Selamat mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *