Industri

Mengenal Pylwood dan Spesifikasinya

Plywood atau yang biasa disebut dengan kayu lapis sering digunakan tukang kayu. Akan tetapi, tukang kayu lebih sering menyebutnya dengan tripleks atau multipleks yang kini memiliki tiga lapisan. Kayu ini berbentuk lembaran tipis yang reatnya mengarah dan disusun melintang antara lembaran di bagian atas dan bagian bawah yang kemudian direkatkan dengan lem khusus.

Setelah direkatkan dengan lem, selanjutnya diberi tekanan besar hingga mencapai ketebalan tertentu. Biasanya ketebalan tripleks yang diproduksi berkisar antara 0.3mm – 3mm. Material tripleks juga sangat kuat terhadap retakan ataupun melengkung. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung pada tingkat ketebalan tripleks yang digunakan.

pixabay.com

Biasanya jenis kayu yang digunakan berasal dari kayu sengon, kayu pinus ataupun kayu sungkai. Jenis ketiga kayu tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tripleks ini. Tidak hanya itu saja, ketiga kayu tersebut juga memiliki kualitas yang bagus, tetapi dengan harga dapat dikatakan cukup terjangkau.

Lapisan permukaan di bagian luar tripleks dibuat lebih kuat jika dibandingkan dengan lapisan tengahnya. Tujuannya adalah untuk melindungi lapisan yang ada di dalam tripleks sehingga proses pemuaian serta tekanan tekuk mampu direduksi dengan baik. Hal inilah yang membuat tripleks menjadi lebih awet.

Tripleks ini lebih sering digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan perabotan rumah tangga, seperti lemari, meja, pintu, kursi, dipan. Ukuran tripleks yang sering dijual di pasaran biasanya adalah 120cm x 240cm dengan variasi ketebalan yang beragam. Anda dapat memilih ketebalan sesuai dengan jenis perabotan yang ingin dibuat.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki tripleks. Kelebihan ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat penggunaan tripleks banyak diminati. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daya tahan tripleks sangatlah kuat dan bisa dibandingkan dengan kayu solid pada kualitas yang sama. Jadi, jenis kayu ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Struktur tripleks sangat kokoh sehingga akan sangat cocok menjadi kerangka utama dalam pembuatan furniture. Tidak hanya itu saja, triplek juga dibuat dengan ukuran yang presisi serta seragam sehingga mudah untuk dipotong dalam berbagai ukuran. Permukaan triplek yang halus tidak akan melukai tangan orang yang memegangnya.

Namun, daya tahan tripleks terhadap cuaca sangatlah buruk. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan tripleks di dalam ruangan atau indoor. Variasi ketebalan yang terbatas membuat tripleks ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis perabotan atau furniture. Maka dari itu, penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kapasitas dari tripleks itu sendiri.

Tripleks yang terlalu tipis membuatnya mudah menyerap air yang menyebabkan timbulnya jamur akibat kondisi yang lembab. Hal ini juga mengakibatkan permukaan tripleks menjadi kasar dan mudah lapuk. Untuk menyiasati hal tersebut, maka disarankan untuk menambahkan lapisan penutup yang cukup tebal.

Tripleks pun tidak cocok menjadi bahan utama pembuatan perabotan yang akan diletakkan outdoor karena tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu, proses pengangkutan dari tempat Anda membeli ke lokasi pengerjaan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi jika Anda memilih tripleks dengan ketebalan yang paling tipis.

pixabay.com

Dalam memanfaatkan triplek untuk pembuatan perabotan dibutuhkan tingkat ketelitian yang cukup tinggi agar hasil akhir yang didapatkan sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan tripleks, Anda perlu mempertimbangan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh tripleks ini.

Selain menggunakan tripleks untuk membuat perabotan tertentu, biasanya juga membutuhkan material lainnya, seperti metal. Oleh karena itu, kini dibutuhkan penyedia jasa laser cutting untuk membantu para instansi yang membutuhkan jasa tersebut. Adapun jenis material yang dapat dipotong adalah aluminium, tembaga, kuningan, dan juga stainless steel.

Proses pemotongan bahan metal ini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis karena menggunakan alat laser. Tentunya pekerjaan dapat menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Perlu Anda ketahui, jika proses pemotongan ini merupakan langkah yang paling awal dalam pembuatan perabotan atau furniture tertentu.

Sekarang ini Anda dapat dengan mudah menemukan tempat penyedia jasa laser cutting di berbagai tempat. Apalagi jika Anda saat ini tinggal di daerah perkotaan, seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya. Selain itu, Anda juga dapat menemukan informasi tentang tempat penyedia jasa ini melalui internet.

Semakin banyaknya orang ataupun instansi yang membutuhkan jasa ini, maka tidak heran jika banyak bermunculan tempat jasa laser ini. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam memilih tempat laser yang terpercaya dan memiliki kualitas pelayanan kepada klien yang baik. Hal ini karena banyaknya tempat penyedia jasa yang abal-abal.

Anda juga dapat meminta rekomendasi kepada kerabat atau teman yang pernah menggunakan jasa mereka. Dengan begitu, maka Anda dapat mempercayakan sepenuhnya kepada tempat penyedia jasa laser tersebut.