Pendidikan

Cara Membuat Masker Kopi untuk Perawatan Wajah

Pengen punya wajah bersih dan cerah alami? Kini tak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah bersih dan cerah alami. Sebab  kini sudah banyak yang menggunakan masker kopi untuk perawatan wajah. Iya selain mudah diapatkan, harga kopi terbaru  juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan perawatan wajah lainnya.

Selain terkenal sebagai minuman yang cukup nikmat, kopi ternyata juga memiliki kandungan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Iya sebenarnya kopi memang terkenal memiliki kenikmatan rasa dan aroma yang luar biasa, sehingga berbagai kalangan pun menyukai minuman ini. Kopi juga terkenal sebagai minuman yang cukup efektif untuk menunda rasa ngantuk dan dapat meningkatkan konsentrasi kembali.

Kopi menjadi minuman yang sangat cocok diminum pada berbagai suasana mulai dari suasana santai, suasa lelah, maupun sebagai teman ketika berdiskusi. Kopi memiliki kandungan kafein serta antioksidan tinggi sehingga selain cocok sebagai minuman juga cocok untuk perawatan wajah. Kopi memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan serta manfaat untuk kecantikan. Perawatan kecantikan menggunakan kopi juga lebih aman dan tidak memiliki efek samping berbahaya. Untuk itu sudah sepatutnya jika kopi dijadikan pilihan untuk perawatan kecantikan wajah alami.

pexels.com

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Membantu mencerahkan kulit wajah

Seorang dokter mengatakan bahwa scrub kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan juga membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah. Kandungan asam dalam kopi juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan memperlancar airan darah menuju jaringan kulit sehingga dapat membuat kulit tampak cerah alami dan bersinar. Dalam penggunaannya, tentu perawatan wajah menggunakan kopi perlu proses yang panjang atau tidak instan. Untuk itu, bagi Anda yang memilih perawatan menggunakan masker kopi tentunya harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membantu memudarkan selulit

Kopi dalam hal ini dapat berperan sebagai eksfoliator yang dapat membantu menyamarkan selulit. Hal ini sesuai dengan Journal of Cosmetology yang diterbitkan pada tahun 2008. Dalam hal ini kopi yang dibuat menjadi scrub dapat membantu menyamarkan selulit dengan beberapa langkah. Yang pertama kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit agar lebih sehat, yang kedua kopi mengandung kafein yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehngga dapat mengurangi selulit.

pexels.com

Dapat membantu mengatasi masalah mata panda

Sering tidur terlalu larut malam? Mungkin Anda sedang mengalami masalah mata panda atau munculnya lingkaran hitam dibawah kelopak mata Anda. Mata panda memang sangat mengganggu kecantikan wajah. Untuk itu Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu mengurangi munculnya mata panda ketika dioleskan secara rutin. Hal ini karena kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dibawah kulit sehingga bengkak atau mata panda perlahan akan menjadi reda. Kafein juga dapat membantu mengurangi penggumpalan darah dibawah mata yang dapat menyebabkan munculnya mata panda.

Membantu mencegah kanker kulit

Kopi ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker kulit. Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung di dalam kopi dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Kopi juga dapat mengurangi efek paparan sinar matahari dan sinar UV pada kulit sehingga dapat mengurangi risiko kanker kulit.

pexels.com

Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah

Kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat yang cukup besar dalam perawatan kecantikan wajah. Dalam hal ini Anda dapat membuat masker wajah sendiri dirumah yakni dengan menggunakan bubuk kopi segar yang original. Anda dapat menggunakan jenis kopi robusta yang memiliki kandungan kafein lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Nah untuk membuat masker wajah, caranya sangat gampang yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan satu cangkir bubuk kopi giling yang agak kasar dan satu cangkir minyak kelapa murni atau juga bisa menggunakan minyak zaitun. Atau Anda juga dapat mencampurkannya dengan yogurt plain. Selain itu Anda juga dapat menggunakan komposisi lain seperti satu cangkir garam laut atau garam epsom, 2 sendok makan kopi bubuk, dan ¼ cangkir minyak kelapa asli.
  2. Kemudian Anda dapat mencampurkan minyak dengan bubuk kopi ke dalam mangkuk. Jika Anda menggunakan minyak kelapa, Anda dapat mencairkannya terlebih dahulu pada microwave selama 20 sampai 30 detik.
  3. Setelah dicampurkan ke dalam mangkuk, silahkan campurkan bubuk kopi dan minyak menjadi adonan kasar.
  4. Selanjutnya Anda bisa menjadikannya masker wajah. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan kuas untuk meratakan pada wajah Anda. Anda juga bisa mengoleskannya pada seluruh tubuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu area kasar seperti siku dan lutut juga harus menjadi perhatian khusus dan tidak boleh dilewatkan.
  5. Pastikan masker benar-benar merata ke seluruh tubuh termasuk wajah dan selulit disertai dengan pijatan-pijatan melingkar.
  6. Diamkan selama beberapa menit kemudian silahkan dibilas menggunakan air hangat. Dalam hal ini Anda dapat mengulanginya sebanyak dua kali seminggu.

Nah itu dia cara membuat masker wajah yang cukup simpel dan mudah. Perawatan menggunakan masker wajah selain aman dan tidak mahal, juga merupakan cara yang aman untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *