Bisnis

Ini Dia Jenis-jenis Meja Sablon yang Banyak Digunakan

Meja sablon merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan sablon. Pada umumnya terdapat beberapa jenis meja sablon yang digunakan oleh penyedia jasa sablon kaos. Adapun bentuk dasarnya tentu tidak jauh berbeda dengan meja pada umumnya, hanya saja mengalami modifikasi pada beberapa bagian sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Nah bagi Anda yang ingin tau apa saja jenis meja sablon, simak ulasan berikut:

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Meja frame presisi

Jenis yang pertama adalah meja frame presisi. Meja yang satu ini merupakan alat sablon sederhana dengan frame yang dibuat dari bahan aluminium. Adapun cara kerjanya adalah screen dijepit menggunakan frame yang terdapat pada noken A dengan posisi screen yang diatur sesuai dengan letak area sablon. Dalam hal ini kaos dimasukkan pada papan triplek yang berada pada noken B. Adapun noken A dan noken B berfungsi untuk mempresisi antara papan kaos dengan screen sehingga sablon berada tepat pada posisi yang diinginkan. Beberapa keunggulan dari meja ini mulai dari harganya yang ekonomis, tingkat presisi yang bagus, dapat memungkinkan untuk memproduksi sablon kaos di ruangan yang kecil, dapat digunakan untuk sablon kain potongan maupun kaos jadi, memungkinkan untuk setting screen secara fleksibel, dapat digunakan untuk sablon full body.

Meja banting

Mengapa namanya meja banting? Dinamakan meja banting mungkin karena pada penggunannya screen seolah-olah dibanting pada papan sablon saat proses penggesutan. Meja banting merupakan jenis meja yang sudah sejak lama digunakan oleh penyedia jasa sablon kaos. Meja banting ini merupakan papan dengan ukuran sekitar 40 cm x 50 cm yang berderet. Setiap papan dari meja ini terdapat pentokan L untuk memposisikan screen yang telah dipasang baut pentokan. Meja banting memiliki beberapa kelebihan pada tingkat presisinya yang cukup bagus serta memungkinkan untuk proses produksi yang cukup cepat.

Meja catok

Meja catok merupakan meja sablon yang menggunakan engsel catok sebagai penjepit screen yang dipasangkan pada meja. Nah ketika scren telah terpasang sesuai dengan posisisi, kemudian dikencangkan sehingga tidak akan terjadi pergeseran. Selanjutnya screen akan bergerak naik turun atau buka tutup menyesuaikan posisi engsel catok. Beberapa keunggulan dari meja jenis ini adalah memiliki tingkat presisi yang cukup baik, memungkinkan untuk produksi di ruangan yang terbatas, memungkinkan untuk setting screen secara fleksibel, serta memungkinkan untuk sablon secara full body.

Meja rel panjang

Meja rel panjang merupakan salah satu jenis meja sablon yang menggunakan besi pentokan berbentuk memanjang seperti rel. Nah pada bagian rel ini dipasangi noken rel, sedangkan pada bagian screen dipasangi besi T atau noken baut. Nah untuk cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan meja banting, namun untuk meja rel panjang memiliki jenis noken yang presisinya berbeda. Meja rel sendiri dibagi menjadi 2 jenis yakni meja rel dengan papan utuh yang disusun secara memanjang dan jenis yang kedua yakni meja rel dengan papan kecil yang ukurannya sekitar 40 x 50 cm yang disusun secara berderet. Meja rel memiliki beberapa keunggulan mulai dari memiliki tingkat presisi yang baik, setting screen yang lebih mudah, dapat sablon full body untuk jenis meja rel papan utuh.

Meja rel banting

Nah untuk meja rel banting ini adalah jenis meja sablon yang menggabungkan antara meja rel dan juga meja banting. Meja rel banting menggunakan papan dengan ukuran 40 cm x 50 cm yang mana setiap papannya dipasangi besi siku yang kemudian dipasangi noken rel. Nah untuk screen yakni dipasang dengan noken T atau noken baut. Meja rel banting juga memiliki beberapa keunggulan mulai dari tingkat presisinya, memungkinkan untuk pengerjaan diruangan terbatas, setting screen yang mudah, serta dapat digunakan untuk sablon kaos jadi maupun kaos potong.

Meja rotary

Meja rotary merupakan jenis meja sablon yang menggunakan sistem rotary atau sistem perputaran. Yang menjadikan meja ini terlihat lebih unik adalah adanya tuas screen yang dapat berputar hingga 360 derajat yang dilengkapi dengan engsel screen yang dapat naik turun atau buka tutup pada bagian papan sablon. Untuk saat ini terdapat beberapa jenis meja rotary mulai dari 4×1, 4×4, 6×6, 8×8, dan lain sebagainya. Meja rotary memiliki beberapa keunggulan mulai dari tingkat presisinya yang bagus serta menawarkan proses sablon yang lebih nyaman.

Tips Memilih Meja Sablon Kaos untuk Usaha Jasa Sablon Kaos

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Proses pengerjaan sablon tentu memerlukan beberapa peralatan salah satunya adalah meja sablon. Iya meja sablon sering digunakan sebagai salah satu alat sablon di berbagai penyedia jasa sablon kaos. Nah seiring berkembangnya teknologi pada dunia sablon, kini muncul berbagai jenis meja sablon mulai dari mjea sablon frame, meja sablon catok, meja sablon rotary, meja sablon banting, meja sablon rel banting, dan sebagainya. Nah untuk Anda yang ingin membeli meja sablon kaos, Anda dapat memperhatikan beberapa hal mulai dari budget pembelian, ukuran meja yang dibutuhkan, kesesuaian antara meja dengan kebutuhan usaha sablon, mudah dioperasikan, serta yang lebih efektif untuk proses pengerjaan sablon kaos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *