Pengetahuan

Template Website Free Yang Dibutuhkan Untuk Website Pertama

Website adalah situs atau halaman web yang menyediakan beberapa atau banyak informasi mengenai suatu hal yangdapat dituturkan melalui teks, gambar, video, maupun audio. Tujuan dari suau website ialah membagikan informasi kepada individu, organisasi atau kelompok masyarakat tertentu dengan tujuan menambah pengetahuan dan menjawab rasa penasaran terhadap suatu hal tersebut.

Suatu website,tidak hanya berisi informasi yang ingin dibagikan saja, namun juga website tersebut harus dihias atau dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik banyak minat pengguna untuk melihat konten atau informasi yang terdapat dalam website tersebut. Bukan sekedar informasi belakang yang dihadirkan, namun tampilan atau wajah website juga mencerminkan pribadi dari pembuat website sekaligus konten-konten yang dibagikan.

Oleh karena itu banyak desain atau template website gratis atau berbayar yang bisa anda dapatkan apabila ingin memulai membuat suatu website. Web template itu sendiri merupakan pola layout dari website yang ingin didesain dan disiapkan dengan berbagai fitur sekaligus pemisah dengan konten dalam website tersebut.

Website tempale sendiri digunakan untuk memproduksi dokumen secara masal yang nantinya dapa digunakan dan diedit serta mengembangkan kembali desain yang direncanakan. Dengan pengertian dan fungsi sedemikan dari web template, pembuat website bisa mendapatkan template tersebut secara berbayar atau bisa juga secara gratis.

Apabila anda ingin membuat website untuk pertama kali dan ingin memanfaatkan web template tanpa berbayar, banyak sekali template website free atau gratis yang bisa anda dapatkan. Namun untuk memulai suatu website yang berisikan suatu informasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum dan dalam tahap pembuatan website

pexels.com

Menentukan ide website.

Pada dasarnya, website terdiri dari dua jenis website. Yaitu website statis dan website dinamis. Website statis merupakan web yang tidak dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Dalam singkat kata, web tersebut hanya bisa digunakan untuk berbagi informasi dari satu pihak saja.

Sedangkan website dinamis merupakan kebalikannya. Website dinamsi merupakan website yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui kolom saran ataukomentar yang telah tersedia dan dibentuk melalui web template yang telah di bentuk.

Dalam pembuatan suatu website, setelah anda memilih ingin membuat website statis atau dinamis, ide sangat diperlukan dalam kemajuan dan perkembangan website tersebut. Ide trsebut yang nantikan akan digunakan untuk mengisi website tersebut. Sebagai seorang pembuat website, tentunya akan sangat bijak apabila mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat dan berfaedah untuk orang lain.

Namun apabila anda mengalami kebingungan akan menentukan ide apa untuk konten web tersebut, anda bisa memulainya dengan kelebihan atau pengetahuan yang paling dikuasai dan membagikannya.

Registerkan Nama Domain

Nama domain sangat diperlukan untuk mencari alamat atau dari mana informasi tersebut muncul dan didapatkan. Dalam aplikasi pembuatan website, anda dapat menentukan nama domain dengan cara berbayar atau membuat jenis website yang nama domainnya diperoleh secara gratis.

Sama halnya dengan template website free yang bisa diperoleh secara cuma-Cuma pada website tertentu,anda juga bisa memperoleh nama domain dengan cara freemelalui website penyedia nama domain gratis. Hal tersebut tentunya tidak akan lepas dari kelebihan dan kekurangannya.

Untuk bisa proses registrasi nama domain, dapat dilakukan dan dikelola oleh ICANN atau kepanjangan dari Internet Corporation for Assigned Names anda Number. Registrasi tersebut dilakukan untuk mengekstensi nama domain yang tersedia dan menjaga database agar tetp terfokus pada arah nama domain.

Pilih web hosting

Web hosting merupakan layanan online yang digunakan untuk mengonlinekan website atau aplikasi web yang anda miliki di internet. Dalam bahasa sederhananya, layanan untuk memperkanalkan website yang baru saja anda buat agar dikunjungi oleh pengguna lainnya.

Promosi atau memperkenalkan website yang anda buat juga menjadi sangat penting, karena anda membuat website tersebut tentunya dengan tujuan pengguna lain dapat membaca dan mengetahui informasi atau konten yang terdapat dalam website buatan anda tersebut. Dengan begitu juga, anda akan bisa menerima komentar atau berinteraksi dengan pengguna lain apabila anda membuat website berjenis website dinamis.

Memilih platform

Platform merupakan wadah atau tempat untuk menampung web hosting website tersebut. Dalam prakteknya, terdapat beberapa jenis platform yang umumnya atau banyak digunakan oleh pembuat website. Jenis-jenis platform tersebut antara lain shared hosting, virtual privat server atau VPS, dan dedicated hosting.

Cara Mendapatkan Template Gratis

pexels.com

Setelah memperhatikan semua hal yang diperlukan sebelum membuat website, anda bisa memulai membuat website anda sendiri. Namun apabila anda masih merasa kesusahan atau bingung dengan cara yang ada, anda tentunya dapat mencari informasi-informasi mengenai tutorial membuat website sederhana dan bagaimana cara mendapatkan template gratis pada template website free yang banyak beredar.

Informasi yang disajikan dalam suatu website , banyak memberikan penjelasan dan membantu anda dalam proses pembuatan web anda sendiri. Namun perlu diingat dan diperhatikan, dalam proses pengisian konten atau informasi yang ingin dibagikan dalam website, hendaknya merupakan informasi yang berguna dan tidak mengandung unsur tertentu dimana dapat menimbulkan kesalahpahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *