Kesehatan

Daun Kunyit

Bagian dari tumbuhan kunyit yang biasanya dimanfaatkan adalah bagian umbinya atau buah kunyitnya sedang bagian daun dan juga batang kunyit jarang sekali ada yang tahu dan jarang sekali digunakan. Padahal bagian daun kunyit ini menyimpan senyawa seperti antiseptik dan antikarsinogen yang dapat bermanfaat bila digunakan untuk tubuh. Daun kunyit yang biasanya dibuang saat memanen umbinya ini memiliki beraga kegunaan, untuk mengetahui kegunaan dari daun kunyit Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Kegunaan Daun Kunyit

Agar anda bisa memanfaatkan secara baik dan benar daun kunyit, berikut beberapa manfaat yang bisa anda gunakan:

  1. Antiseptik Alami

Tidak hanya pada buahnya curcumin senyawa yang banyak terkandung dalam kunyit ternyata juga terkandung di dalam daunya. Curcumin ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk mendapatkan sifat ini Anda dapat menumbuk daun kunyit dengan dicampur sedikit air dan oleskan ke bagian yang mengalami luka.

  1. Berguna untuk Sistem Pencernaan

Lagi-lagi manfaat dari zat curcumin yang terkandung di dalam daun kunyit ini yang bermanfaat. Zat curcumin dapat memacu kinerja empedu, peninggkatan produksi empedu dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga akan dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh kita.

  1. Baik bagi Kecantikan

Ternyata tidak hanya kunyit yang dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit, daunnya pun memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Kandungan curcuma dalam daun kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, cara menggunakan daun kunyit untuk kesehatan kulit adalah dengan cara membuatnya menjadi masker wajah.

  1. Bumbu untuk Masakan

Seperti halnya kunyit, daun kunyit ini juga memiliki aroma yang segar, sehingga bila digunakan untuk menjadi bumbu masakan maka daun kunyit ini sangat cocok karna dapat membuat masakan menjadi menggugah selera, selain itu daun kunyit juga sangat manjur untuk menghilangkan bau amis, sehingga sangat cocok digunakan saat Anda memasak makanan seperti ikan dana daging.

Inilah beberapa informasi tentang daun kunyit, semoga informasi tentang daun kunyit ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencaritahu manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dari daun kunyit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *