Umum

Mencari Cara Hidup Hemat? Disini Jawabannya!!

Uang menjadi benda yang sangat berharga bagi semua orang. Uang digunakan untuk betransaksi jual beli dimana pun dan kapan pun. Zaman dulu, sebelum uang diciptakan, masyarakat melakukan transaksi jual beli menggunakan barang berharga lain seperti emas. Bahkan masyarakat dulu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan, mereka melakukan pertukaran.

Mereka menukar barang yang mereka miliki dengan barang yang mereka butuhkan. Hal ini biasa dilakukan pada zaman dahulu. Namun, jika anda pergi ke pasar transaksi pertukaran semacam ini masih sering kita temui di kalangan pedagang. Mereka menukar jualan mereka dengan barang jualan pedagang lain yang mereka butuhkan. Sehingga mereka tidak perlu membelinya dan membayar sejumlah uang.

Mereka pun dapat menghemat uang yang mereka miliki. Hemat sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai mengeluarkan sedikit uang. Banyak keuntungan yang didapat dari hidup hemat. Anda mungkin saat ini hanya memiliki sedikit uang, tetapi dengan anda berhemat bukan tidak mungkin suatu saat anda akan memiliki banyak uang dan menjadi kaya. Banyak cara hidup hemat yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari oleh semua orang. Jika anda masih bingung caranya anda dapat mencari informasinya di internet.

Cara Hidup Hemat Yang Efektif

pixabay.com

Ada banyak cara hidup hemat yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari kita. Kami akan memberi beberapa tips agar anda dapat menghemat uang yang anda miliki.

  1. Buat list prioritas

Sebuah catatan list tentang prioritas dalam membelanjakan uang anda itu sangat penting. Pisahkan hal-hal yang anda butuhkan dan yang anda inginkan. Kebutuhan berarti jika barang tersebut tidak dibeli dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda. Sedangkan keinginan adalah hal-hal atau barang yang jika tidak terpenuhi, tidak akan berpengaruh signifikan pada kehidupan anda. Sebagai contoh, jika anda seorang pekerja yang merantau di luar kota anda pasti memiliki uang yang terbatas. Anda harus membuat list prioritas untuk mengelola keuangan anda.

Hal yang pertama dilakukan adalah menentukan kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena anda kost jadi yang pertama adalah membayar kost atau secara umum membayar tagihan. Selain itu, kebutuhan untuk berkomunikasi yaitu pulsa. Saat ini pulsa sudah seperti kebutuhan pokok yang harus dibeli. Akan lebih baik jika anda menemukan counter yang menyediakan pulsa murah.

Anda mungkin bertanya mengapa pulsa di suatu counter memiliki harga yang begitu murah daripada counter lain. Jawabannya kemungkinan counter tersebut membeli pulsa dari web seperti metroreloadindonesia.com sehingga ketika dijual kembali harganya lebih murah. Kemudian yang kedua tentu saja kebutuhan makan harus terpenuhi, lalu barang-barang yang perlu dibeli karena habis atau rusak. Setelah list kebutuhan sudah ditentukan, anda dapat menambahkan list keinginan yang mungkin anda ingin beli.

pixabay.com
  1. Pisahkan uang untuk masing-masing keperluan

Anda bisa membuat dua rekening tabungan, yang satu untuk diisi dana operasional yaitu untuk membeli berbagai  kebutuhan dan keinginan dan satu lagi untuk menyimpan dana darurat atau tabungan. Cara hidup hemat dapat dilakukan dengan cara ini, dimana anda diharuskan untuk menyimpan uang anda sebagai tabungan. Langkah awal setelah anda mendapat gaji selain menyiapkan uang untuk membeli banyak kebutuhan yaitu siapkan uang untuk menabung.

Anda harus disiplin untuk menabung agar gaji anda tidak habis begitu saja. Dengan menabung anda dapat menggunakannya untuk keadaan darurat terutama ketika anda sudah tidak memiliki cukup uang.  Tabungan juga dapat digunakan untuk memenuhi cita-cita anda di masa depan seperti memiliki rumah atau untuk menikah. Jika anda tidak bisa membuat dua rekening tabungan, cara yang mudah yaitu memisahkan uang gaji anda di dalam amplop-amplop.

Setiap amplop anda menuliskan kategori dari uang di amplop tersebut yaitu untuk kebutuhan, keingingan, dan juga tabungan. Dengan begitu, anda dapat lebih disiplin dalam mengatur uang anda agar lebih hemat.

  1. Kendalikan diri anda

Cara hidup hemat yang satu ini dapat sulit dilakukan hampir oleh semua orang. Mengendalikan diri untuk berbelanja salah satu hal yang sangat sulit karena banyaknya godaan yang datang. Bisa dari teman anda yang suka berbelanja, lingkungan anda tinggal, bahkan dari dalam diri anda sendiri. Keinginan untuk berbelanja pasti ada, tetapi yang harus diingat adalah prioritas.

Prioritas yang telah anda buat harus anda tepati. Jangan hanya karena keinginan sesaat anda melanggar apa yang telah anda tulis sendiri. Anda juga harus menjadi diri sendiri, jangan melihat kehidupan orang lain yang lebih baik dari anda. Hiduplah sesuai kemampuan anda sendiri tanpa melihat orang lain yang lebih mampu dari anda. Dan juga Jangan memaksakan diri untuk mengikuti kehidupan orang lain karena hanya akan merugikan bagi anda.

Ketiga cara hidup hemat yang telah kami jelaskan dapat diterapkan oleh siapapun dalam mengelola  keuangan mereka. Anda pun dapat menggunakannya agar anda lebih hemat. Hal yang terpenting adalah kedisiplinan. Jika anda menerapkan hal-hal diatas tetapi anda tidak disiplin menjalankannya, maka apa yang anda lakukan akan sia-sia. Anda tidak dapat berhemat atau yang terburuk anda menjadi boros. Tidak mau seperti itu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *