Fashion

Tips Memilih Kain Batik Dan Tempat Belanja Kain batik Terbaik

Perkembanngan trend fashion yang semakin maju membuat banyak sekali gaya berpakaian dan berbagai model pakaian baru yang bermunculan. Tentunya hal tersebut membuat banyak orang menjadi bingung untuk memilih pakaian mana yang hendak digunakan. Karena ketika seseorang menggunakan sebuah pakaian maka hal tersbeut akan menentukan citra dari pribadi orang tersebut.

Batik sekarang ini menjadi salaha satu jenis pakaian yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Bukan hanya digunakan untuk menghadiri acara kondangan atau perkawinan tetapi sekarang ini batik juga digunakan untuk berbagai acara atau kegiatan baik itu formal atau non formal. Bahkan sekarang sudah di tentapkan hari batik nasional tepatnya pada tanggal 2 okotober.

Di setiap tanggal 2 oktober maka seluruh lapisan masyarakat indonesia baik itu yang bekerja di pemerintahan atau swasta atau yang masih sekolah di sarankan untuk mengenakan pakaian batik. Tentunya hal tersebut semakin membuat eksistensi pakaian batik menjadi lebih populer.

Tips Memilih Kain Batik

pixabay.com

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini telah banyak sekali Model Baju Batik yang bisa kita jumpai di pasaran. Karena memang batik sendiri memiliki variasi motif dan corak yang beranekaragam. Bahkan hampir setiap daerah di indonesia memiliki ciri khas motif batik masing masing. Tentunya hal tersebut menjadi kunggulan tersendiri yang dimiliki oleh batik.

Bagi kamu para pecinta batik tentunya kualitas kain batik menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuatnya menjadi sebuah baju atau ketika kalian memilih baju di toko. Karena semakin bagus kualitas kain batik maka akan semakin nyaman pula kita ketika menggunakan baju batik tersebut. Tetapi biasanya tinggi rendahnya kualitas kain batik juga akan menentukan harga yang ditawarkan dari kain batik tersebut.

Bagi kamu para penikmat kain batik yang snagat memperhatikan kualitas. Maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kain batik dengan kualitas terbaik.

  1. Perhatikan jenis kain batik

Sebelum membeli sebuah kain batik maka akan lebih baik apabila kamu menentukan jenis kain batik yang hendak di beli apakah cetak atau tulis. Pada umumnya kain batik tulis memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kain cetak. Tetapi harga yang di tawarkan biasanya juga lebih mahal dibandingkan dengan kain batik tulis. Karena batik tulis dibuat dengan proses canting yang memakan waktu lama.

  1. Perhatikan jenis bahan

Bagi kamu yang hendak memilih kain batik maka akan lebih baik apabila kamu memilih kain batik yang terbuat dari bahan katun. Karena bahan. katun bisa menyerap keringat dan akan membuat kamu merasa nyaman ketika menggunakan baju batik.

  1. Perhatikan warna cat

Ketika memilih kain batik maka coba untuk meraba wzarna cat yang terdapat pada kain batik. Pastikan bahwa warna yang terdapat pada kain batik tersebut tidak menempel dengan tangan kamu.

  1. Tempelkan kain batik pada kulit

Ketika membeli kain batik maka cobalah untuk menempelkan kain tersebut pada kulit. Dari situ kamu bisa merasakan apakah kain akan terasa dingin dan nyaman ketika digunakan. Hal tersebut menjadi sebuah pertanda bahwa kain tersebut merupakan kain yang berkualitas.

Rekomendasi Tempat Belanja Kain Batik Terbaik Dengan Harga Grosir

pixabay.com

Setelah mengetahui berbagai tips untuk memilih kain batik berkualitas tentunya akan membuat kamu merasa siap untuk berbelanja kain batik. Perlu di ingat bahwa ketika kamu membeli sebuah kain batik maka harga yang ditawarkan biasanya akan menentukan kualitas. Oleh sebab itu apabila kamu menginginkan harga yang mudah dengan kualitas terbaik maka kamu bisa membeli kain batik di pasar tradisional.

Terdapat beberapa rekomendasi pasar tradisional yang menjual berbagai kain batik berkualitas. Perlu diingat ketika berbelanja di pasar maka kemampuan untuk tawar menawar sangat diperlukan. Beberapa pasar tradisonal yang sangat populer dengan kualitas kain batik terbaik antara lain.

  1. Pasar klewer solo

Di pasar klewer solo kamu bisa menjumpai berbagai kios yang menjaul aneka produk fashion batik mulai dari batik solo, madura, pekalongan dan yang lainnya. Produk batik yang dijual di pasar klewer ini bisa dibandingkan dengan produk yang ada di toko. Untuk harga yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari murah hingga mahal dan pastinya harga tersebut masih bisa di nego.

  1. Pasar beringharjo

Pasar beringharjo sudah sejak lama dikenal sebagai sentra belanja batik. Di sini kamu bisa berbelanja batik secara eceran atau juga grosiran. Dengan kamu membeli secara grosiran tentunya harga yang akan di dapatkan juga semakin murah. Di pasar beringharjo kamu akan mendapati kesibukan para pedagang dan pembeli yang melaukan kegiatan tawar menawar di depan kios.

  1. Kampung batik lasem

Lasem merupakan salah satu tempat yang terdapat di daerah rembang jawa tengah. Kawasan lasem ini telah sejak lama di kenal sebagai sentra produksi dan penjualan batik ternama di indonesia. Di kampung batik lasem selain berbelanja kamu juga bisa belajar untuk membuat batik. Karena merupakan sentra produksi batik tentunya hargar batik yang akan kamu dapatkan juga lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *