Umum

Cara Mudah Meredakan Sakit Tenggorokan Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu atau bahkan radang tenggorokan. Kondisi ini sering dialami banyak orang dengan gejala berupa sakit dan gatal di tenggorokan serta kesulitan menelan. Penyebabnya sendiri sangat beragam, mulai dari bakteri, virus, polusi dan sebagainya. Terlepas dari apapun penyebabnya, rasa sakitnya benar-benar menyulitkan dan sangat tidak nyaman.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi tenggorokan sakit yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara ini terbukti efektif untuk meredakan rasa nyeri dan panas saat tenggorokan sakit. Anda hanya cukup melarutkan garam ke dalam segelas air hangat untuk kemudian digunakan berkumur.

  1. Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi penyebab sakit pada tenggorokan. Untuk itu, biarkan tubuh dan suara Anda beristirahat agar dapat cepat pulih.

  1. Mandi Air Hangat

Menghirup udara lembap dapat meringankan gejala radang tenggorokan serta mengatasi hidung tersumbat. Cobalah untuk mandi dengan air hangat dan hirup uap yang mengepul untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan.

  1. Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Mengonsumsi permen ini akan memberikan sensasi sejuk dan melegakan pada tenggorokan yang gatal. Walau hanya memberikan bantuan sementara, namun permen ini sangat efektif di saat darurat.

Cara-cara ini bisa Anda lakukan sebagai perawatan pertama saat tenggorokan sakit. Jika sakit masih berlanjut atau semakin parah, ada baiknya segera kunjungi dokter.