Umum

Cara Memelihara Ikan Hias di Dalam Bak Ikan

Ketika anda mulai memutuskan untuk merawat ikan hias, maka hal yang perlu diperhatikan adalah cara merawatnya. Ada beragam tempat yang diperlukan untuk merawatnya, seperti di dalam bak ikan atau akuarium, di dalam kolam atau bisa juga pada toples kaca bening. Selain itu, anda pun juga perlu tahu waktu yang tepat untuk memberi makan dan makanan apa yang cocok untuk ikan hias anda. Untuk itu, kali ini akan diulas bagaimana cara merawat ikan hias yang harus anda tahu.

Cara Merawat Ikan Hias Di Dalam Bak

  1. Bentuk Bak Harus Memadai

Jika anda berencana untuk memelihara ikan, maka hal yang pertama harus dipersiapkan adalah menyiapkan tempatnya. Anda bisa mulai untuk menyiapkan bak yang bersih dan sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Cucilah bak dengan bersih serta anda bisa mengisinya dengan air secukupnya dan tidak berlebih. Anda bisa mengisinya dengan ¾ nya saja dan juga masukkan beberapa batu alam agar bisa membuat pH air menjadi stabil.

  1. Membuat Ventilasi Udara

Meskipun anda akan memelihara ikan di bak ikan, pastikan tempat anda untuk memelihara memiliki ventilasi udara yang mencukupi. Caranya adalah dengan tidak menutup bak terlalu rapat, karena hal tersebut akan membuat ikan tidak memiliki udara untuk bernafas. Namun, anda bisa mengakalinya dengan menutup bak dan memberikan sedikit celah atau lubang sehingga masih tetap ada udara yang masuk melalui bak.

  1. Gantilah Air Secara Berkala

Anda tentunya harus membuat jadwal yang berkala untuk mengganti air di bak anda. Anda bisa membuat jadwal dengan minimal mengganti air selama satu minggu sekali. Untuk itu, anda bisa menggunakan selang yang berukuran kecil atau memiliki diameter 1 cm. Ketika akan menguran bak, anda tetap harus menyisakan air sebanyak 25 persen, kemudian anda bisa memberikannya air baru.

  1. Menjaga Suhu Air Dan Menstabilkan Ph

Anda juga perlu menjaga suhu air pada bak ikan anda pada suhsu sekitar 27-28 derajat celcius. Suhu air ini merupakan batas maksimal yang harus diterapkan untuk diatur pada saat anda memelihara ikan. Anda juga perlu menjaga tingkat keasaman air atau pH air, karena hal ini mempunyai pengaruh pada kelangsungan hidup ikan. Untuk memelihara ikan usahakan pH bak anda, tetap atau selalu dalam keadaan stabil yakni 7 hingga 8 pH saja.

Jika anda berencana kan merawat ikan hias, anda haruslah mencoba untuk menerapkan hal-hal tersebut agar ikan anda dapat bertahan hidup dengan baik dan tidak cepat mati. Anda juga perlu menghindari dari terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini karena akan memicu munculnya ganggang hijau yang akan membuat bak menjadi kotor dan terlihat kehijauan. Tentu saja ini kan membawa dampak yang sangat buruk untuk kesehatan ikan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *