Umum

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

Tahukah kamu jika sebuah kandang yang ditempati ayam ternyata memengaruhi jumlah telur yang dihasilkan? Nah! Jika kandang ayam yang terlalu luas membuat seekor ayam sulit bertelur karena disebabkan luasnya kandang ayam itu, si ayam petelur jadi tidak bisa bertelur secara leluasa dan jadilah ayam berkeliaran kemana-mana. Selain itu, kandang ayam model liter yang luas ini juga cukup menguras tenaga si ayam yang berkeliaran sehingga sulit untuk bertelur.

 

Lalu, karena perkembangan zaman maka dibuatlah kandang ayam model baterai. Dimana kandang ayam ini didesain sudah lebih sempit dari kandang ayam liter sehingga ayam tidak perlu bergerak bebas dan menghabiskan tenaga, melainkan cukup bertelur di tempatnya saja. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari sempitnya lahan tetapi jumlah ayam yang dibudi dayakan sangat banyak.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

 

Ada beberapa cara membuat kandang ayam untuk jenis ayam petelur. Di antaranya:

1. Bahan

Yang digunakan kamu bisa memilih yang terbuat dari kawat, bambu, atau bilah bambu.

2. Ukuran kandang ayam petelur

Untuk ukuran kandang ayam petelur, sebenarnya sangat signifikan. Kamu hanya perlu membuat bilah bambu antara bilah satu dan lainnya yang berjarak antara 5-7 cm. Nah! Ukuran kandang ini merupakan ukuran biasa yang digunakan oleh para peternak telur dari zaman dahulu dan terbukti sangat mendukung kelancaran ayam memproduksi telurnya.

 

Sebenarnya untuk dimana-mana, yang namanya kandang ayam ya begitu-begitu saja. Orang zaman dahulu tidak memerlukan tips dan trik untuk menghasilkan bagaimana kiranya sebuah ayam harus memproduksi banyak telur melainkan mereka sudah tahu caranya sendiri. Nah! Berhubung seiring perkembangan teknologi dan apa-apa sangat mudah dicari, selain itu juga karena inovasi, kini kandang ayam petelur bukan lagi berbentuk liter melainkan baterai. Juga bentuknya tidak teelalu luas dan selain itu, tidak memakan ruang banyak tetap mampu memuat banyak ekor ayam.

 

Bagaimana? Setelah mengetahui hal-hal itu, apa kamu ingin lagi membuat suasanya nyaman kandang ayam  petelurmu? Ayo! Kita budayakan kebuyaaan sederhana kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *