Otomotif

Mengenal Bagaimana Cara Kerja Motor 2 Tak

Untuk istilah mesin motor 2-tak dan juga 4-tak ini memang sudah terbilang cukup familiar pada telinga masyarakat awam pada umumnya. Hanya saja masih beberapa orang yang juga belum memahami perbedaan akan kedua jenis mesin motoe ini sendiri. Mengenal bahwa mesin motor 2-tak sendiri sudah banyak yang hilang karena tergantikan oleh mesin 4-tak sendiri.

Mengenal Perbedaan Singkat Motor 2 Tak dan 4 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Sebagai para pecinta otomotif, Anda disarankan untuk paham bahwa kedua jenis motor baik 2 tak dan juga 4 tak ini adalah motor yang berbeda namun sama-sama menggunakan mesin pembakaran dalam. Untuk perbedaan dari kedua jenis motor bakar ini bisa Anda pahami pada sistem kerja keduanya yang tentunya sangat berbeda.

Di mana mesin motor 2 tak ini memiliki siklus pembakaran yang terjadi di dalam mesin dan dilakukan dalam dua langkah piston. Sedangkan dalam mesin 4 tak ini membutuhkan 4 langkah piston untuk setiap siklus pembakaran yang akan terjadi di dalamnya. Maka dari itulah kedua jenis motor ini juga seringkali disebut sebagai mesin 2 langkah dan juga 4 langkah.

Bagaimana Cara Kerja Motor 2 Tak?

Berbeda dengan mesin motor 4 tak yang membutuhkan 4 tahapan untuk setiap siklus pembakarannya, sedangkan untuk motor 2 tak ini hanya akan menggunakan 2 tahapan. Untuk lebih mengenal tentang jenis motor 2 tak ini sendiri, maka Anda harus mengetahui cara kerja motor 2 tak berikut ini:

  • Langkah Hisap dan Kompresi

Untuk jenis mesin motor 2 tak ini membutuhkan proses hisap sekaligus kompresi yang akan dilakukan hanya dalam satu langkah. Langkah ini juga akan berlangsung pada saat piston mulai bergerak dari TMB menuju TMA. Untuk gerakan piston ini sendiri juga membuat tekanan yang ada pada ruang engkol sehingga mengalami peningkatan.

Pada saat 5 sampai dengan 10 derajat sebelum TMA, busi juga akan menghasilkan api sehingga nantinya campuran dari bahan bakar dan juga udara yang temperatur serta tekanannya sudah meningkat bisa menjadi terbakar bahkan mungkin bisa meledak.

  • Langkah Kerja dan Buang

Di dalam tahapan selanjutnya, piston akan melakukan pergerakan dari TMA menuju ke TMB. Sebelum piston sampai pada tahap TMA, busi akan menyala sehingga nantinya akan menimbilkan pembakaran yang ada di dalam ruang bakar. Kemudian percikan api dari busi juga akan menimbulkan ledakan dan mendorong piston untuk bergerak menuju ke TMB.

Sebagai imbas dari pergerakan piston, volume yang ada pada ruang engkol nantinya akan mengalami penurunan. Sedangkan campuran gas yang berada di ruang engkol kemudian akan tertekan dan mengalur sampau menuju ruang bakar. Sementara itu, gas yang nantinya akan muncul akibat proses pembakaran akan dialirkan pada saluran buang.

Untuk prinsip kerja yang ada pada mesin 2 tak ini sendiri adalah membuat proses pembakaran yang membutuhkan bahan bakar yang lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Jenis mesin ini juga memiliki begitu banyak keuntungan karena dinilai jauh lebih responsif bahkan memiliki akselerasi yang tinggi.

Hanya saja untuk akselerasi yang tinggi tersebut juga harus dibayar menggunakan emisi yang tinggi pula pastinya, ditambah lagi dengan adanya konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibandingkan dengan mesin 4 tak. Namun, ketika Anda ingin memodifikasi kendaraan maupun lebih mendalami tentang motor 2 tak, maka Anda bisa belajar di HMTC Surabaya.

Mengenal Apa itu HMTC Surabaya

ilustrasi (photo: pixabay.com)

HMTC ini sendiri adalah salah Hartomo Mechanical Training Center. Di mana tempat ini sudah berdiri dalam kurun waktu 10 tahun lamanya. Pengalaman sekaligus kualitas pengajaran yang ada di sekolah non formal ini memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Anda bisa mempelajari banyak hal di tempat ini tentang mekanik kendaraan roda dua.

HMTC Surabaya ini memiliki begitu banyak fasilitas yang bisa didapatkan oleh siapa pun siswa yang akan belajar di dalamnya. Bahkan tidak hanya disitu saja, bagi Anda para siswa yang berada di luar kota, tidak perlu khawatir akan tempat tinggal yang disediakan. Di mana Anda semua bisa mendapatkan tempat tinggal berupa mess.

Tenaga pengajar yang disediakan di tempat ini juga profesional. Di mana 1 pengajar hanya akan mengajar 1 siswa saja. Dengan mengajar satu pengajar dan 1 siswa, maka banyak orang yang akan lebih konsentrasi selama melakukan pengajaran khususnya teknik mesin, cara kerja mesin dan beberapa hal lain yang akan berhubungan pada kendaraan roda dua.

Jadi, itulah informasi tentang salah satu tempat kursus mekanik ternama yang ada di Tanah Air beserta dengan berbagai fasilitas yang disediakan di dalamnya. Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara kerja motor 2 tak, kinerja motor 4 tak, dan lain sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *