Umum

Ingin Tahun Perkiraan Biaya Pembuatan Kolam Renang? Ini Jawabannya

Saat ini kolam renang merupakan wahana paling menyenangkan untuk mengisi waktu di akhir pekan, terutama pada saat musim kemarau. Dengan bermain air di kolam renang, kesegaran akan bisa kamu dapatkan terlebih jika kamu berenang di dalamnya. Kolam renang sendiri memiliki bentuk yang sangat beragam.

Jika dahulu kamu bisa mengunjungi kolam renang di fasilitas umum, saat ini kamu juga bisa membuatnya sendiri di halaman rumahmu. Tentunya proses pembuatan tersebut memerlukan bantuan dari kontraktor kolam renang. Untuk itu, dalam artikel ini akan diberikan gambaran mengenai perkiraan biaya pembuatan kolam renang.

Pengertian Singkat dari Kolam Renang

Sebelum membahas lebih jauh mengenari rincian biaya pembautan kolam renang, alangkah lebih baik kita membahas sedikit pengertian kolam renang, Tujuannya adalah agar nantinya kamu bisa mendapat gambaran mengenai kolam renang yang ideal. Dengan begitu, kamu akan bisa memilih material yang cocok dan menyusun anggaran yang tepat untuk membuat sebuah kolam renang.

Kolam renang merupakan sebuah bangunan yang dibuat untuk menampung air yang jernih dan dapat digunakan sebagai sarana berenang maupun aktivitas lain dalam air. Air yang jernih bisa didapatkan dari material dinding yang tidak mudah berlumut dan terang. Selain itu, kolam renang biasanya menggunakan campuran kaporit dengan tujuan agar air tetap terjaga kejernihannya. Kolam renang bisa dengan mudah sebagai fasilitas umum untuk mendukung kegiatan olahraga. Saat ini, penggunaan kolam renang bisa digunakan sebagai simbol status dalam sebuah keluarga mengingat pembuatannya yang membutuhkan lahan yang luas. Seiring dengan kemajuan teknologi dan banyaknya inovasi, kolam renang bisa dihadirkan pada rumah-rumah yang memiliki permasalahan keterbatas lahan dengan bantuan kreativitas.

Perkiraan Anggaran Kolam Renang

Membangun sebuah kolam renang cukup berbeda bila dibandingkan dengan pembangunan bangunan yang lain. Selain membutuhkan alokasi yang cukup besar, kamu juga harus siap sedia menyediakan alokasi anggaran perawatannya. Perawatan tersebut mulai dari pembersihah kolam hingga pengisian kembali air pada kolam renang.

Untuk membuat sebuah kolam renang, kamu perlu terlebih dahulu memilih konsep kolam renang tersebut. Sebuah kolam renang di suatu tempat tentu berbeda dengan tempat lainnya. Kamu harus menentukan sirkulasi air dan juga bentuk kolam. Untuk itu, ada 3 pilihan dengan contoh hitungan sederhana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Model skimmer

Model pertama yang bisa kamu gunakan adalah model skimmer. Pada model ini kamu bisa mendapatkan sebuah kolam renang dengan desain yang simpel dan anggaran paling minimal. Jenis kolam renang yang satu ini berusaha membuat air tidak tumpah ke area pinggir kolam karena dapat merugikan pemilik kolam. Dengan konsep tersebut, air akan dibuat lebih tenang. Sirkulasi yang digunakan pada model ini adalah menggunakan bantuan skimmer box.

Untuk membuat kolam renang model skimmer, setiap meter persegi dari kolam tersebut adalah sekitar Rp. 3.000.000,-. Dana tersebut meliputi penggunaan mozaik pada bagian pinggir dan dasar kolam renang. Selain itu, sebagai finishing digunakan juga batu andesit agar terlihat bagus dan memiliki fungsi yang optimal.

Selain biaya pembuatan, kamu juga harus menghitung biaya perlengkapan kolam renang tersebut. Kamu bisa menyiapkan biaya perlengkapan sekitar Rp. 20.000.000,=. Biaya tersebut meliputi penggunaan pompa air, filter 3,4 Hp, dan penggunaan alat vacum cleaner.

Selanjutnya adalah kamu perlu memperhatikan pengisian air pada kolam renang. Pada tahap awal kamu harus juga melakukan langkah pembeningan. Biaya yang harus kamu siapkan dalam pengisian tahap awal tersebut adalah Rp .6.000.000,-. Dengan rincian tersebut, jika kamu membuat sebuah kolam renang dengan ukuran sekitar 4M x 8M x 1,5M maka akan didapat hasil sebesar Rp. 170.000.000,-.

2. Kolam Renang Semi Overflow

Model selanjutnya cukup berbeda karena menerapkan sebuah tambahan inovasi. Pada model ini, kolam renang dibuat agar mengalir ke bagian luar kolam. Air yang keluar tersebut nantinya akan dialirkan menuju balancing tank. Air tersebut dimurnikan kembali dan selanjutnya akan dialirkan ke dalam kolam renang sebagai air yang sudah bersih.

Dengan perbedaan tersebut kamu harus menyiapkan dana untuk membuat saluran air dan ruang balancing tank tadi. Untuk membuat sebuah kolam balancing tank, kamu bisa menyiapkan dana sebesar Rp. 7.500.000,- sedangkan saluran air tadi kamu menyiapkan dana sekitar Rp. 4.500.000. Untuk biaya perlengkapan dan ukuran kolam diasumsikan sama dengan model skimmer dan didapatkan hasil sebesar Rp. 182.000.000,-.

3. Model Full Overflow

Model selanjutnya adalah model yang cukup menarik karena airnya dengan sengaja dibuat melimpah ke luar dan dialirkan menuju saluran air. Model seperti ini membutuhkan perlengkapan yang lebih mumpuni dan juga penampungan yang lebih besar. Biaya untuk membuat sebuah saluran air adalah sekitar Rp. 13.500.000,- lalu bagian balancing tank memerlukan dana Rp.10.000.000,-. Selanjutnya, untuk perlengkapan yang lebih mumpuni, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 25.000.000,-. Dengan asumsi ukuran kolam renang tetap sama, maka kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp. 198.000.000,-. Untuk itu kamu bisa memilih kolam mana yang cocok dengan anggaran milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *