Kuliner

Intip Resep Salad Buah yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Bagaimana cara membuat resep salad buah yang enak namun tidak ‘ribet’? Nah, seperti yang kita tahu, salad buah menjadi salah satu makanan yang saat ini digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Makanan yang menawarkan perpaduan rasa manis, asam, dan gurih ini akan membuat siapa pun ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Selain enak, makanan berbahan dasar buah-buahan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Jadi semua kalangan baik itu anak-anak hingga orang tua bisa mengkonsumsinya kapan saja. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membuat salad buah di rumah, berikut ini ada beberapa resep yang bisa Anda coba di antaranya yaitu:

Resep Salad Buah yang Praktis dan Mudah. Yuk Coba!

pexels.com

Resep Salad Buah Yogurt

Dari banyaknya resep salad buah yang tersedia di Google, resep yang satu ini cukup populer dan seringkali dicoba oleh para pecinta salad. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan sebenarnya masih sama dengan bahan salad buah pada umumnya, yaitu:

  • Buah apel (200 gram)
  • Buah Mangga (200 gram)
  • Buah anggur merah (200gram)
  • Buah kiwi (200)
  • Yogurt (2sdm)
  • Madu (1 sdm)

Selain jenis buah yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menambahkan buah-buahan lainnya sesuai dengan selera dan kesukaan. Nah, untuk cara pembuatannya sangat mudah pertama cuci semua buah dengan air mengalir dan kupas atau potong buah tersebut. Selanjutnya rendam buah tersebut ke dalam air biasa atau air es agar warna tidak berubah.

Kemudian Anda bisa membuat dressing-nya dengan memasukkan semua ke dalam wadah dan aduk secara merata. Jika sudah, masukkan semua buah ke dalam campuran dressing dan salad pun siap untuk dikonsumsi.

pickupimage.com

Resep Salad Buah Mayones

Selain menggunakan yogurt, Anda juga bisa membuat salad buah dengan campuran dari mayones. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan hampir sama dengan resep yang sebelumnya, yaitu:

  • Buah-buahan segar (sesuai selera)
  • Daun mint (2 lembar)
  • Gula pasir (2sdt)
  • Mayones (4sdm)
  • Yogurt plan (jika tidak suka bisa diganti dengan perasan air jeruk lemon)
  • Susu kental manis putih
  • Keju untuk topping

Cara membuatnya, langkah pertama Anda hanya perlu mencampurkan semua buah dan mengaduknya hingga merata. Jika sudah, sebaiknya untuk mendinginkannya selama 1 jam agar lebih segar. Setelah itu, Anda bisa mencampurkan bahan saus ke dalam sebuah wadah. Namun perhatikan untuk bahan keju tidak diikutkan karena fungsinya sebagai topping.

Kemudian sajikan buah ke dalam mangkuk dan siram dengan menggunakan saus mayones. Taburi salad buah tersebut dengan keju sesuai dengan selera dan salad buah mayones pun siap untuk dihidangkan.

Tips membuat Salad Buah yang Enak

pickupimage.com

Gunakan Buah dengan Tingkat Kematangan Sama

Tips pertama yang perlu Anda ketahui saat membuat salad buah yaitu pastikan untuk menggunakan buah yang memiliki tingkat kematangan sama. Selain kurang menarik, hal yang satu ini juga berpengaruh terhadap rasa dari salad buah tersebut.

Sebaiknya tidak memilih buah yang terlalu matang ataupun belum matang karena akan merusak tampilan dan juga cita rasa dari salad buah. Jadi pastikan jangan sampai salah pilih buah ya!

Buang Biji Buah

Meski memiliki ukuran yang kecil, biji pada buah-buahan seperti jeruk, semangka dan juga anggur sangatlah mengganggu jika digigit. Sehingga akan mengganggu kenikmatan dalam mengkonsumsi salad buah tersebut. Agar lebih lezat sebaiknya untuk membuang biji-biji kecil yang mengganggu. Selain lebih menarik dalam segi tampilan, orang yang memakannya pun tidak merasa kesulitan.

Potong Buah dengan Ukuran Seragam

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika membuat salad buah yaitu pastikan untuk memotong buah secara seragam. Hal yang satu ini menjadi trik agar salad buah yang Anda buat terlihat lebih menarik. Jadi sebaiknya untuk memotong buah dengan ukuran yang tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar.

Tambahkan Perasan Air Lemon

Satu lagi tips yang bisa Anda terapkan saat membuat salad buah yaitu disarankan untuk menambahkan perasan jeruk nipis. Tujuannya agar kesegaran salad dapat bertahan lebih lama. Selain itu, fungsi dari perasan air lemon ini juga bisa memperlambat perubahan warna buah agar tetap terlihat lebih segar.

Nah, demikian tips berbagi resep salad beserta cara pembuatannya. Tunggu apalagi? Segera belanja bahan-bahannya dan langsung praktikkan di sana. Bagi Anda yang ingin tahu tips berbagai resep lainnya bisa langsung mengunjungi tipsberbagi.com. Di sana Anda akan menemukan berbagai macam resep makanan yang dijamin enak dan menggugah selera. Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *