Umum

3 Alasan Pemerintah Masih Lakukan Import Beras

Swasemba beras telah dicapai oleh pemerintah Indonesia. Namun, pada kenyataannya pemerintah masih melakukan impor beras dari negara-negara penghasilan beras. Hal inilah yang sering disesalkan oleh para petani terkait harga beras yang ada di pasaran. Namun, tentunya pemerintah memiliki alasan tersendiri kenapa harus melakukan impor beras ini.

Alasan pemerintah impor beras

  1. Stok beras

Stok beras yang disimpan oleh pemerintah pada kenyataannya belumlah mencukupi konsumsi rakyat. Oleh karena keadaan yang seperti ini, maka pemerintah mengeluarkan kebijakannya yaitu melakukan impor beras.

  1. Mengendalikan harga eceran

Keadaan stok beras yang tidak mencukupi konsumsi rakyat ini membuat kestabilan harga beras di pasaran mengalami kenaikan. Akibatnya, harga beras menjadi naik dan mempersulit masyarakat golongan kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan impor beras.

  1. Konversi lahan

Konversi lahan pertanian menjadi lahan untuk hunian mengakibatkan stok beras kian hari kian menurun. Hal ini karena tidak ada lagi lahan pertanian yang dapat ditanami. Alih fungsi lahan inilah yang menyebabkan stok beras untuk konsumsi rakyat menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *