Wisata

Tempat Wisata Solo Paling Rekomended untuk Liburan Akhir Pekan

Selain Yogyakarta, tempat wisata Solo juga dikenal sangat beragam. Destinasi wisata modern hingga yang klasik semua ada di kota ini. Istimewanya, banyak tempat wisata di Solo yang dikonsep dengan gaya modern namun bergaya desain klasik.

Selain dikenal memiliki cukup banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi, Kota Solo juga dikenal memiliki kuliner khas yang sudah mendunia. Salah satu contohnya adalah Nasi Liwet. Nasi Liwet ini bahkan dikatakan sebagai makanan khas Solo yang paling terkenal diantara berbagai kuliner khas Solo lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan tempat untuk liburan akhir pekan, beberapa destinasi wisasata Solo bisa dipertimbangkan. Lalu aneka trip mana saja di Solo yang cocok untuk mengisi libura akhir pekan?

Water World dengan Tema Pewayangan

pexels.com

Berada di tengah Kota Solo, membuat Water World menjadi tempat wisata di Kota Solo yang tidak pernas sepi pengunjung. Terlebih lagi pada saat liburan akhir pekan. Sebuah tempat wisata yang menawarkan sensasi wisata air berbeda. Kenapa?

Sekilas Water World Solo memang tidak ada bedanya dengan Water World yang ada di kota-kota lain. Yakni tempat wisata air lengkap dengan berbagai wahana air seperti ombak buatan, aneka permainan anak, seluncuran, kolam renang, dan lain sebagainya.

Tapi jika diperhatikan secara details, ada yang membuatnya berbeda. Tema dan konsep epos Mahabarata pada Water World Solo ini mampu memberikan kesan yang berbeda. Selain unik, kesan klasik namun modern sangat melekat pada wisata Solo yang satu ini.

Di Water World Solo ini terdapat sejumlah patung Pandawa Lima dengan ukuran yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan harga tiket masuknya? Untuk harga tiket masuk ke Water World Solo tidak jauh berbeda dengan Water World yang ada di kota lain.

Mengenal Sejarah di Keraton Surakarta

Menghabiskan akhir pekan di Keraton Surakarta bisa menjadi pilihan cerdas untuk Anda yang ingin mengajarkan sejarah ke buah hati tercinta. Meskipun tidak mentasbishkan jika museum juga termasuk tempat terbaik untuk wisata edukasi.

Sekedar informasi, Keraton Surakarta hingga saat ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Selain sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kota Solo tentunya. Lalu apa daya tarik dari Keraton Surakarta ini?

Selain terdapat mseum di dalamya, di dalam keraton juga tersimpan berbagai koleksi peninggalan kasunanan. Mulai dari replika pusaka keraton, gamelan, hinga benda-benda bersejarah lainnya yang merupakan hadiah dari raja-raja Eropa tempo dulu.

Sempatkan Wisata Kuliner di Galabo Solo

pixabay.com

Di atas sudah sedikit disinggung jika Kota Solo dikenal sebagai salah satu Kota dengan kelezatan dan keberagaman kulinernya. Dan rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Solo tidak menyempatkan mencicipi makanan khasnya.

Salah satu tempat wisata kuliner Solo yang wajib dikunjungi adalah Galabo Solo. Wisata Kuliner Solo ini tepatnya berada di Jalan Mayor Sunaryo atau persis berada di depan Pusat Grosir Solo.

Di tempat ini tersedia beragam jenis aneka kuliner khas Solo paling lengkap dengan harga murah. Nasi liwet, sate kere, gudeg ceker, mie thoprak, tengkleng, tahu kupat, nasi tumpeng, wedang dongo, hingga wedang ronde adalah beberapa jenis kuliner khas Solo yang bisa Anda cicipi di tempat ini.

Berburu Batik di Kampung Batik Kauman

pixabay.com

Kota Solo juga dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia. Dan jika Anda ingin melihat proses pembatikan kain secara langsung, datang saja ke Kampung Batik Kauman. Kualitas batiknya juga sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Artinya rasanya kurang lengkap jika liburan ke Solo tanpa membeli oleh-oleh batik untuk keluarga tercinta di rumah. Dan aneka jenis batik khas Solo dengan kualitas tinggi bisa dengan mudah Anda temukan di Kampung Batik Kauman ini.

Akhiri Liburan ke Pasar Klewer

Tempat wisata Solo yang tidak boleh kelewatan untuk dikunjungi adalah Pasar Klewer. Temat terbaik untuk berburu suvenir dan oleh-oleh khas Solo dengan harga murah. Itulah kenapa Pasar Klewer ini selau menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang berlibur ke Solo.

Selai menawarkan berbagai jenis batik khas Solo murah, di Pasar Klewer juga menawarkan berbagai jenis jajanan khas Solo. Enting-enting, onde-onde, ampyang jahe, Intip keripik, tempe sagu, gemplak, bakpia, adalah beberapa contoh aneka jajanan yang ada di pasar terbesar yang ada di Solo ini.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo yang cocok untuk mengisi liburan singkat Anda. Meskipun sebenarnya masih cukup banyak tempat wisata Solo lainnya yang juga sangat cocok digunakan untuk mengisi liburan akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *