Umum

Yuk Simak Cara Membuat Telor Bebek Dengan Abu Gosok

Sebagai pecinta kuliner telur, pasti tidak asing dengan telur asin. Tidak seperti rasa telur ayam, telur satu ini memiliki rasa cenderung asin namun nikmat dikonsumsi. Telur asin dibuat menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan abu gosok maupun menggunakan air garam. Untuk membuatnya sendiri, anda bisa menyiapkan telor bebek yang memiliki cangkang lebih tebal. Ingin membuatnya sendiri di rumah ? Simak ulasan berikut.

Langkah Pembuatan Praktis

  1. Persiapkan Semua Bahan

Silahkan siapkan setidaknya 12 telur dari bebek yang masih segar sebagai bahan utamanya. Sedangkan bahan pendukung yang harus dipersiapkan adalah 500 gram garam dapur ataupun garam kasar, toples yangterbuat dari kaca ataupun keramik yang bisa ditutup rapat, serta 1,5 liter air. Pastikan bahan tersebut tersedia, agar pembuatan telur dengan rasa asin berhasil dilakukan.

  1. Proses Pembuatan Telur Dengan Rasa Asin

Sebagai langkah pertama, silahkan untuk membersihkan segala kotoran yang menempel pada cangkang telur. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, bisa menggunakan air bersih, kemudian keringkan menggunakan lap bersih. Agar garam meresap ke dalam telur, silahkan amplas permukaan cangkang hingga pori porinya terbuka. Sebab cangkang telur dari bebek, lebih tebal daripada telur ayam.

Telor bebek yang sudah dibersihkan, bisa disisikan terlebih dahulu ke dalam wadah yang sudah dibersihkan. Pastikan membersihkan wadah tersebut menggunakan air panas, untuk membunuh bakteri yang bersarang pada wadah tersebut. Hal ini perlu dilakukan, agar bakteri tidak masuk ke dalam pori pori cangkang telur. Berilah jarak setidaknya 2.5 cm, diantara telur dengan tutup wadahnya.

Masaklah air bersih hingga mendidih, menggunakan api sedang. Silahkan masukkan garam secara perlahan ke dalam air yang sudah mendidih tersebut. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga rata, dan pastikan garam telah larut dengan sempurna. Air rebusan tersebut bisa didinginkan terlebih dahulu, sebelum memasukkan telur ke dalamnya. Jika suhu air masih tinggi, cangkang telur akan menjadi retak dan tidak bisa dikonsumsi.

Bagi anda pecinta aroma rempah, bisa menambahkan jahe, cabai, batang kayu manis dan sebagainya. Bila tidak terlalu menyukai aroma tersebut, anda masih bisa menggunakan 2 sdm daun teh, sebagai penambah aroma. Namun perlu diperhatikan bahwa, penggunaan daun teh sebagai aroma dapat mengubah warna kulit telur menjadi lebih pekat. Air yang sudah dingin, bisa dituangkan ke dalam wadah berisikan telur hingga menutupi semua bagian telur.

Jangan lupa berikan jarak berkisar 0.6 cm hingga 1.25 cm, sebagai ruang kosong. Agar telur tidak mengambang, anda bisa menempatkan plastik berisikan air dan diletakkan di atas telur. Diamkan kurang lebih 12 hari atau lebih, agar rasa asin terasa di bagian putih telurnya. Agar lebih maksimal, silahkan rendam hingga 6 minggu, dan jauhkan dari sinar matahari. Bila tekstur telor bebek sesuai, silahkan pindahkan dan cuci menggunakan air mengalir.

Rasa asin yang dihadirkan kuliner satu ini, terasa unik dan cocok di lidah orang Indonesia. Telur satu ini bisa dikonsumsi secara langsung, atau disandingkan dengan nasi hangat. Ada pula yang menyajikan telurĀ  dengan cita rasa asin ini, bersamaan dengan kuliner lainnya. Selain rasanya yang lezat, kandungan di dalamnya sangat baik bagi tubuh.