Islam

Yuk Simak Tips Mudah Menghafal Surat Ar Rahman

Surat yang tertulis dalam Al Qur’an memiliki banyak sekali keutamaan, terutama untuk hambaNya yang rajin membacanya. Membaca Al Qur’an, mampu membuat hati manusia menjaid lebih tenang, lebih banyak bersyukur, sekaligus memperkuat iman seseorang. Surat Ar Rahman yang dikenal sebagai surat pengantin Al Qur’an ini, memiliki arti Allah Yang Maha Pemurah. Bagi anda yang ingin menghafalnya, yuk simak tips mudah berikut.

Tips Mudah Untuk Menghafal Ar Rahman

  1. Murnikan Niat Awal Untuk Menghafal Ar Rahman

Melakukan niat sebelum melakukan setiap kegiatan, menjadi poin penting untuk dilakukan. Setiap kegiatan yang didasari dari rasa tulus demi Allah SWT, Insyaallah akan diberikan kemudahan. Segala perbuatan yang akan dilakukan hendaknya dilakukan atas kemauan sendiri, tidak untuk orang lain ataupun ingin mendapatkan pengakuan. Selama permbuatan yang akan dilakukan positif, Allah akan memberikan izin kepada siapapun yang meminta pertolongan.

  1. Niatkan Dan Lakukan Segera

Ketika seseorang niat menghafal surat Ar Rahman, hendaknya tidak menunda untuk melakukannya. Ditakutkan niat yang kuat namun terus tertunda, perlahan menghilang seiring berjalannya waktu. Ada baiknya, untuk meluangkan waktu untuk memikirkan hal tersebut, kemudian carilah alasan untuk diri anda sendiri. Kendati pada beberapa orang, sudah memiliki niat dari jauh hari, hanya saja tidak memiliki motivasi kuat untuk melakukannya.

Motivasi yang ada, bisa ditumbuhkan dengan adanya kesadaran diri setiap individu. Cobalah untuk memikirkan manfaat yang akan diterima, apa saja imbalan yang akan diterima, dan masih banyak lainnya. Perlu diketahui bahwa, ada imbalan tersendiri ketika membacanya, terutama dengan adanya ayat ayat indah dan berbagai kisah yang bisa ditemukan ketika membacanya. Mulai dari membaca Al Qur’an sesudah menunaikan shalat, insyaAllah anda akan menerima motivasi.

  1. Gunakan Al Qur’an Yang Sama

Biasakan untuk menggunakan mushaf yang sama sejak membelinya. Dengan menggunakan mushaf yang sama, mata anda akan terbiasa dengan  font yang ada pada Al Qur’an. Tidak hanya berlaku untuk font saja namun berbagai warna, ukuran tulisan, hingga dekorasi yang sama, membuat anda terbiasa untuk melihatnya. Ketika mata sudah terbiasa dengan satu buku, maka menghafal surat Ar Rahman semakin mudah dilakukan. Gunakan mp3 surat Ar Rahman untuk memudahkan hafalan.

  1. Dengarkan Bacaan Al Qur’an

Musik merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Jikalau memungkinkan, hentikan kebiasaan tersebut dan ganti kebiasaan tersebut dengan mendengarkan lantunan dari ayat Al Qur’an. Pada awalnya mungkin akan terasas sulit, kendati jika sudah terbiasa akan santai saja. Sebab, kedua hal tersebut tidak bisa hidup berdampingan, lantaran memiliki arah yang berlawaan satu sama lain.

Kini masih banyak orang yang masih menyukai mendengarkan lagu, daripada mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an. Padahal mendengarkan orang yang mengaji, mampu membuat hati lebih tentram dan terasa nyaman. Cobalah untuk mendengarkan bacaan Al Qur’an yang ingin dihafalkan. Pengulangan yang terus dilakukan, secara otomatis akan menempel pada otak dan memasuki alam bawah sadar.

  1. Lakukan Pengulangan Dan Pembagian Halaman

 

Cara jitu agar cepat hafal surat Ar Rahman, adalah dengan  mengulangi pembacaan hingga beberapa kali. Jika memungkinkan, bacalah seluruh halaman yang ada berulang kali hingga ada sebagian kata yang dihafalkan. Anda juga bisa membaginya menjadi beberapa halaman terlebih dahulu. Ketika memasuki halaman selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Dengan begitu, motivasi untuk menghafal akan semakin meningkat.

Cara lain yang bisa digunakan adalah, menghafalkan satu kalimat per kalimat. Ketika belum menghafal kalimat pertama, maka ulangi terus menerus hingga hafal. Apabila sudah menghafal kalimat pertama, kini saatnya beralih ke kalimat kedua. Sebelum melangkah, ada baiknya memastikan bahwa kalimat pertama sudah menancap dalam ingatan dengan baik. Terutama bagi anda yang ingin menghafalkan beserta artinya, cara ini dianggap efektif.

  1. Pahami Kunci Untuk Menghafal

Susah menghafal surat Ar Rahman meskipun telah menggunakan berbagai cara ? coba pikirkan kembali faktor apa yang membuat anda sangat sulit untuk menghafal Al Qur’an. Ada kemungkinan sulitnya menghafal, berasal dari tidak adanya kunci untuk memahami isi dari ayat yang ingin dihafalkan. Sebab menghafalkan terkadang tidak dapat dipaksakan, sehingga perlu untuk menyukainya terlebih dahulu, sekaligus memahami apa yang ingin disampaikan oleh Allah kepada umatNya.

Ketika anda menemukan ayat dengan isi yang indah, dijamin akan membawa anda menuju titik paling rendah. Dalam posisi tersebut, anda sudah dibukakakan pintu hati untuk melakukan perubahanan besar. Fokus dengan apa yang sedang dibaca, kemudian pahami ayat tersebut. Dengan melatih untuk fokus, anda tidak akan memikirkan hal lainnya sambil mengulangi pelafalan kalimat yang sama.

Agar lebih mudah dalam menghafalkan surat Ar Rahman, cobalah untuk mengunduh aplikasi yang tersedia dalam  smartphone kesayangan anda. Carilah Al Qur’an yang sekiranya terdapat terjemahan dalam bahasa Indonesia. Terjemahan ini, berfungsi untuk mengetahui apa yang ingin disampaikan dalam surat tersebut. ketika seseorang membaca surat sambil melihat terjemahannya, ia sedang menjawab setengah pertanyaan dalam hidupnya.

Ada sebagian orang yang cepat dalam belajar sesuatu, namun ada juga yang melalui beberapa tahap terlebih dahulu agar memahami apa yang sedang dipelajari. Apabila anda terbiasa belajar cepat dan mudah menangkap suatu materi, rasanya akan lebih mudah untuk melakukannya. Namun bagi sebagian orang lagi, menghafal merupakan hal yang sulit dilakan. Agar berjalan lebih efektif, mereka akan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *