Umum

Tips Masuk Fakultas Kedokteran

lulus dari SMA atu SMK tentunya ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah yang dicitakan. Terutama untuk universitas dan jurusan yang diimpikan dari dulu. Salah satu jurusan yang menjadi favorit bagi siapa saja yang ingin mengabdikan diri di dunia kesehatan, maka akan memilih masuk ke fakultas kedokteran.

Bukan sesuatu yang mudah untuk bisa masuk pada fakultas kedokteran. Kesulitan yang dimaksud bukan berarti masalah biayanya yang mahal. Akan tetapi pada teknik dan semangat yang sungguh-sungguh. Banyak yang beranggapan, mereka yang masuk fakultas kedokteran berasal dari orang yang mampu dalam hal finansial.

Pada dasarnya semua tergantung pada diri masing-masing dengan niat yang tulus, bukan untuk gaya-gayaan. Berikut beberapa tips masuk fakultas kedokteran untuk lebih percaya diri dan menganggap dirinya mampu melakukan yang orang lain juga bisa melakukannya. Lebih mudah jika lolos SNMPTN tanpa harus melewati seleksi.

Niat

Niat menjadi hal yang sangat penting sebagai pertimbangan awal. Dengan niat yang sungguh-sungguh akan menyatu dan memantapkan jiwa. Serta pikiran untuk bisa dan yakin masuk jurusan kedokteran pada kampus yang dipilih. Niat itu akan selalu teringat sebelum dan sesudah menjadi dokter nantinya.

Karena menjadi dokter bukanlah hal yang mudah, berurusan dengan kesehatan dan keselamat jiwa dan raga pasien. Niat juga menjadi pendongkrak semangat awal, agar nanti ketika ada kendala baik sebelum atau memulai studi serta saat menjalankan tugas tidak putis asa dan menyerah.

pxhere.com

Belajar dengan sungguh-sungguh serta meminta restu dari kedua orang tua.

Untuk bisa melewati tahapan demi tahapan seleksi, maka harus dipersiapkan materi yang matang. Mengingat, pesaing-pesaing hebat yang ada di luar sana tidak hanya berasal dari daerah, kan tetapi di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia. Maka oleh sebab itu, teruslah untuk belajar secara tekun.

Selain itu, untuk mengiringi langka di setiap apa yang dilalui ada restu orang tua yang selalu mengiringi. Karena dengan dorongan semangat dan do’a dari mereka menjadi energi yang positif. Maka dari itu, sayangi, cintai dan minta restu mereka jika ingin sukses.

Berlatih Soal-soal.

Dengan berlatih soal-soal yang sekiranya pernah diujikan, menjadi lebih ada gambaran untuk soal yang akan dihadapi nantinya. Untuk lebih menguasai materi, bisa dengan belajar bersama bimbel kedokteran. Selain melauli bimbel, soal-soal tersebut juga bisa didapat dari buku khusus kedokteran atau melalui internet.

Bisa juga melalui keikutsertaan beberapa try out yang diselenggarakan oleh beragam pilihan dari universitas dengan jurusan kedokteran. Walaupun mungkin universitas yang mengadakan bukan pilihan yang dituju. Setidaknya ada gambaran untuk mengasah lebih banyak serta sebagai bahan pembelajaran.

pxhere.com

Mencari sumber informasi sebanyak mungkin

Kemajuan teknologi seperti adanya internet akan semakin mudah untuk mencari informasi apapun. Gunakanlah media tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait fakultas kedokteran yang diimpikan. Dan sebelum memilih buatlah skala prioritas dengan keunggulan yang ada.

Artinya, mulai dari universitas dengan passing grade rendah sampai yang tingg harus digali sedalam mungkin. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak salah memilih. Dan tips masuk fakultas kedokteran juga jangan menyerah dengan melihat biaya yang tinggi. Akan tetapi harus tetap semangat dan jangan pantang putus asa.

Siapkan Mental dan Tetap Percaya Diri

Persiapkan mental yang kuat jika nanti nasib berkata lain. Maka dari itu, jika gagal seleksi atau tidak lolos di universitas negeri, alangkah baiknya jika memikirkan untuk universitas swasta. Dengan begitu, kegagalan yang diperoleh bukan berarti gagal seluruhnya, akan tetapi harus tetap semangat dan percaya diri untuk universitas lain.

Memang tidak mudah untuk masuk fakultas kedokteran dari universitas atau perguruan tinggi negeri. Mengingat di luaran sana banyak pesaing-pesaing yang hebat. Dan sekali lagi, jangan hiraukan perbincangan terkait biaya yang mahal sebelum mengecek informasi secara langsung.

pxhere.com

Pantang menyerah dan selalu mencoba

Sebagai dorongan dari dalam dan dari luar, selalulah menganggap bisa. Walaupun penghampat ataupun resiko itu ada. Setidaknya sudah mencoba, dan kehendak ada pada Tuhan Yang Maha Esa. Jika jalur seleksi pertama gagal, jangan menyerah untuk mengikuti jalur lain yang biasanya diselenggarakan oleh pihak kampus.

Itulah beberapa tips masuk perguruan tinggi. Pada dasarnya semua itu tergantung pada niat, usaha dan ikhlas dalam menjalankannya. Karena menjadi dokter bukanlah hal yang mudah dan mengangkat derajat. Sebab dokter itu menanggung keselamatan pasien dan harus ikhlas sebagai bentuk sosial.

Selain itu juga harus siap dengan segala keadaan. Terlebih siap ditempatkan dimana saja. Jauh dari keluarga dan mengutamakn pasien sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai seorang dokter. Siapun layak menjadi dokter dengan catatan semangat belajar dengan sungguh-sungguh baik melalui bimbel kedokteran atau secara otodidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *