Pengetahuan

Jenis-Jenis Tangga Nada Pada Gitar

Setiap senar di sebuah alat musik gitar memiliki nada-nada yang berbeda. Dari mulai senar 6, senar 5, senar 4, senar 3, senar 2 dan juga senar 1. Dari kesemua senar yang ada di gitar terdiri atas tangga nada yang tersusun secara rapi. Tangga nada di senar gitar berada di bagian fred gitar. Dan tangga nada tersebut memiliki berbagai macam jenis dan tekniknya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail mengenai tangga nada dari gitar. Mulai dari jenis dan teknik serta cara memainkan dan menggunakan tangga nada tersebut agar menghasilkan melodi lagu yang indah dan enak di dengar. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Sekilas tentang tangga nada

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tangga nada pada alat musik gitar, terlebih dahulu akan kami berikan penjelasan mengenai tangga nada secara umum. Tangga nada bisa diartikan sebagai susunan sebuah nada yang di bentuk dengan menggunakan rumus interval. Pasti kamu akan bingung lagi dengan istilah interval.

Tenang. Kami akan jelaskan secara pelan-pelan. Interval dapat diartikan sebagai suatu jarak antara satu nada ke nada yang lain. Jadi, sebuah tangga nada dapat terbentuk dari susunan nada ke nada yang lain dengan jarak yang telah di tentukan. Jarak tersebut yang paling umum terdiri atas 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Yang di maksud jarak nada tersebut ketika kita letakan pada konteks gitar adalah tentang perpindahan dari satu fred ke fred lain.

pexels.com

Dengan adanya rumus interval tersebut, maka akan memicu variasi-variasi nada yang bisa selaras dan harmoni ketika dimainkan. Karena, ketika kamu memainkan sebuah nada dengan tidak menggunakan rumus interval maka yang di hasilkan akan menimbulkan kesan monoton dan kaku. Ada beberapa tangga nada yang bisa di terapkan pada semua alat instrumen musik. Tangga nada ini bersifat umum dan universal.

Pertama adalah tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis mempunyai 7 macam nada dan 2 rumus interval sebagai variasinya. 7 macam nada tersebut antara lain adalah Do, Re, Mi, Fa, So, La, Si, balik lagi ke nada Do. Sedangkan rumus interval dari tangga nada diatonis ini antara lain adalah 1 dan 1/2.

Tangga nada diatonis terbagi lagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah tangga nada diatonis mayor dan yang lain adalah tangga nada diatonis minor. Mayor ini memiliki nuansa yang lebih ceria, fun dan bahagia. Sedangkan minor lebih cenderung ke nada-nada yang sedih dan melankolis. Kita akan membedah satu persatu tangga nada diatonis mayor dan diatonis minor tersebut.

Tangga nada diatonis mayor seperti yang sudah di singgung di awal memiliki harmoni nada yang ceria, semangat dan bahagia. Susunan dari tangga nada diatonis mayor ini menggunakan rumus interval 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2. Jika dibaca dengan menggunakan kunci, maka tangga nada diatonis mayor ini adalah C-D-E-F-G-A-B- C (lebih tinggi).

Sementara itu, tangga nada diatonis minor adalah kebalikan dari mayor. Nada-nada yang di hasilkan dari tangga nada dianotis minor ini lebih cenderung ke arah yang sedih, melankolis dan menyayat perasaan. Jarak interval dari tangga nada diatonis minor ini adalah 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1. Atau kalau dibaca dengan kord maka jadinya adalah A-B-C-D-E-F-G.

Nah, dari tangga nada dasar yang paling universal tersebut nantinya akan di kembangkan dengan variasi-variasi lain. Dan kita akan bedah variasi tangga nada tersebut dalam konteks alat instrumen gitar.

pexels.com

Tangga Nada Dalam Gitar

Ada beberapa macam tangga nada Kunci gitar yang bisa kamu mainkan dari sebuah alat musik gitar. Berikut ini adalah beberapa tangga nada yang terdapat di dalam sebuah gitar.

1. Mayor scale

Tangga nada pertama dari gitar adalah mayor scale. Mayor scale bisa dibilang sama seperti yang di jelaskan diatas. Adapun untuk rumus interval dari nada mayor scale ini adalah 1-1-1/2-1-1-1.

2. Pentatonic Major Scale

Tangga nada berikutnya dari sebuah gitar adalah Pentatonic Major Scale. Seperti namanya, tangga nada Pentatonic Major Scale ini terdiri atas lima nada dasar. Adapun untuk rumus interval dari tangga nada Pentatonic Major Scale adalah 1-1 1/2-1-1. Sebagai contoh adalah tangga nada Pentatonic Major Scale C yaitu : C, D, E, G, A.

pexels.com

3. Blues Major Scale

Tangga nada berikutnya dari gitar adalah Blues Major Scale. Bisa di bilang tangga nada Blues Major Scale ini merupakan scale dasar untuk bermain musik genre blues. Jarak interval dari tangga nada Blues Major Scale adalah 1 1/2-1-1/2-1/2-1. Sebagai contoh adalah tangga nada Blues Major Scale C yaitu C-D#-F-F#-G-A.

4. Blues Minor Scale

Tangga nada berikutnya dari gitar adalah Blues Minor Scale. Sama seperti yang sebelumnya, tangga nada ini adalah nada dasar untuk permainan musik blues yang bermuara di scale minor. Adapun untuk jarak interval dari tangga nada Blues Minor Scale adalah 1 1/2-1-1/2-1/2-1 1/2. Contoh dari tangga nada Blues Minor Scale adalah dari scale C minor yaitu : C-D#-F-F#-G-A#.

Nah itulah ulasan lengkap tentang tangga nada dari gitar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *