Kesehatan

Selalu Rewel Saat Malam Hari? Gunakan Aromaterapi untuk Bayi Ini!

 

Belakangan ini penggunaan minyak esensial semakin populer. Berkat manfaat minyak yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya orang dewasa, essential oil juga aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bahkan aromanya ampuh membuat si kecil tidur tenang dan nyenyak. Namun ada aturan yang perlu diperhatikan sebelum pemakaian, simak ulasannya.

Manfaat Minyak Esensial dan Aromaterapi untuk Bayi

  1. Meredakan Demam

Daya tahan tubuh bayi memang masih lemah jadi mudah terserang demam. Apalagi ketika musim hujan tiba biasanya imun tubuh kian menurun. Maka ibu bisa menggunakan essential oil untuk meredakan panas tubuh. Anda bisa memilih aroma lavender atau rose agar bayi merasa lebih nyaman. Selain itu, baunya dapat mengusir nyamuk agar tidak menggingit si kecil.

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Tidak bisa dipungkiri kuman dan virus tersebar di sekitar rumah. Hal ini membawa penyakit bagi keluarga dan menyerang si kecil. Sehingga bayi mudah terserang flu dan batuk, maka untuk antisipasi siapkan essential oil di rumah. Boleh juga menggunakan aromaterapi yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tujuannya untuk melegakan pernapasan akibat sesak napas.

  1. Menghilangkan Ruam Kulit

Kulit bayi cenderung sensitif dibandingkan orang dewasa, jadi mudah terserang ruam merah. Biasanya muncul di area paha karena penggunaan diaper, atau sekitar ketika sebab biang keringat. Untuk meredakan efek panasnya anda bisa mengoleskan essential oil. Sedangkan untuk menjaga udara ruangan tetap bersih disarankan pakai aromaterapi.

Cara Aman Menggunakan Esential Oil untuk Bayi

Usahakan tidak mengoles minyak langsung ke kulit bayi, karena berdampak panas pada tubuh. Anda bisa mencampur essential oil ke minyak pembawa terlebih dahulu, misalnya lotion bayi. Teteskan minyak sekitar 1-2 tetes agar tidak menimbulkan iritasi berlebih. Hindari bahan esensial dari oregano, serai, jinten, atau kayu manis karena aromanya terlalu kuat untuk si kecil.

Aromaterapi Young Living untuk Bayi

  1. RC Young Living Essential Oil

Untuk menunjang kesehatan dan kenyamanan bayi, Young Living memproduksi essential oil yang aman digunakan. Salah satunya produk RC atau Respiratory Congestion, yang berkhasiat untuk mengatasi masalah pernapasan. Terbuat dari gabungan beberapa bahan diantaranya eucalyptus, pine, lavender, marjoram, cypress, dan peppermint.

Cara penggunaannya bisa dihirup langsung atau menggunakan diffuser ultrasonic. Kalau pada bayi boleh berikan 1-2 tetes pada sprei atau selimutnya. Boleh juga dioleskan di telapak kaki dengan cara encerkan terlebih dahulu, lalu campur dengan minyak telon. Aromanya segar dan tenang membuat tidur si kecil lelap sepanjang malam.

  1. Lavender Essential Oil

Lavender mempunyai aroma yang tidak disukai nyamuk, jadi bayi aman dari gigitan nyamuk. Kandungannya memiliki sifat analgesik untuk mengurangi rasa sakit. Aroma lavender sangat ampuh untuk rileksasi pikiran saat stres atau jenuh. Sehingga bayi terus merasa senang sepanjang hari dan aktif bermain.

  1. Chamomile Essential Oil

Chamomile memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh yang stres. Minyak esensial ini juga dapat meringankan perasaan sedih, marah, ataupun mood yang buruk. Penggunaannya pada bayi bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas dan gelisah. Si kecil yang kebiasaan sulit tidur bisa diterapi dengan chamomile agar tidur lebih nyenyak.

Aromaterapi terbuat dari bahan-bahan alami yang diolah lewat proses penyulingan. Jadi aroma yang dihasilkan cenderung berbau alam dan segar. Efeknya sangat baik untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Begitu pula jika dipakai bayi, si kecil dapat tidur nyenyak sepanjang malam dan tidak rewel. Bagi yang berminat memesannya bisa kunjungi SenseYourDay.