Umum

Mengenal Bukit Asam, Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia

PT Bukit Asam Tbk adalah perusahaan yang bergerak di industri pertambangan yang dimiliki oleh pemerintahan Indonesia. Termasuk ke dalam salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, perusahaan ini menjadi perusahan publik di Bursa Efek Indonesia pada 23 desember 2002 dengan kode “PTBA”. Didirikan pada tahun 1950, perusahaan ini berlokasi di daerah Tanjung Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Pada awal perkembangannya, pertambangan batubara di Tanjung Enim ini diprakarsai oleh kolonial Belanda pada tahun 1919. Hingga seiring dengan berjalannya waktu, kini perusahaan ini berkembang menjadi Perseroan Terbatas atau Persero Tbk. Perusahaan ini mampu menghasilkan 1.500 sampai 1.700 ton batubara setiap jam dan telah berhasil menerima banyak penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Operasi utama PTBA terdiri dari penelitian umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan perdagangan batubara. Di mana hampir seperempat dari produknya akan diekspor ke pasar Internasional, termasuk di dalamnya adalah Jepang, Taiwan, Jerman, Perancis, Spanyol, Pakistan dan Malaysia. Kontribusi Bukit Asam dalam memajukan Indonesia melalui sektor ESDM memang telah terbukti nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *