Umum

Mengenal Bagian-Bagian Pada Organ Ginjal Manusia

Manusia memiliki sepasang ginjal yang bertugas sebagai penyaring darah dari berbagai racun yang ada dalam tubuh manusia. Memang organ ginjal ini menjadi salah satu organ yang paling penting agar manusia tetap sehat dan bisa menjalankan berbagai aktivitas. Ginjal akan menyerap berbagai kandungan penting pada darah dan kemudian di alirkan lagi keseluruh tubuh. Ketika kandungan tersebut sudah tidak penting maka akan dibuang melalui kencing.

Ginjal manusia memiliki bentuk seperti kacang merah. Letak ginjal ini berada di bawah perut sebelah kanan. Pada kesempatan kali ini akan mengenalkan bagian-bagian ginjal yang sangat penting untuk anda ketahui. Memang ginjal memiliki beberapa bagian utama yang bertugas untuk membantu fungsi ginjal secara maksimal. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini :

  1. Korteks

Pada bagian ini merupakan bagian paling utama pada ginjal. Di korteks merupakan muara awal urin berasal. Didalamnya terdapat banyak nefron-nefron yang ada pada badan Malpighi. Didalam Malpighi ini terdapat glomerulus, kapsula bowman, dan tubulus untuk proses penyaringan darah.

  1. Nefron

Nefron menjadi lokasi darah disaring didalam tubuh. Didalam nefron ini sudah terdapat glomerulus, tubulus, kontortus proximal, kapsula bowman, dan masih banyak lainnya untuk mendukung proses penyaringan.

  1. Glomerulus

Pada bagian ini darah akan disaring untuk memperoleh berbagai zat yang masih berguna untuk tubuh. Mulai dari asam amino, garam, air, glukosa dan urea. Hasil dari penyaringan ini disebut urin primer.

  1. Tubulus kontortus proximal

Pada bagian ini menghasilkan urin sekunder. Darah yang berasal dari glomerulus akan dilakukan penyerapan lagi mengingat darah yang sudah menjadi urin primer ini masih ada zat yang berguna.

  1. Lengkung henle

Memiliki struktur yang lengkung memang sangat dibutuhkan untuk menyaring dan digunakan untuk penghubung antara tubulus kontortus distal dan kontortus proximal.

 

  1. Medulla

Medulla merupakan sebuah jaringan yang memiliki bentuk seperti piramida yang ada pada lengkung henle. Disini merupakan tempay berkumpulnya kapsul bowman dan pembuluh darah kapiler. Kemudian di lokasi ini urin primer akan mengalami proses panjang sebelum akhirnya menjadi urin sekunder.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagian-bagian ginjal yang penting anda pahami. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda. Mengingat penjelasan tentang organ ginjal masih sangat jarang, penting sekali untuk anda menjaga kesehatan ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *