Pengetahuan

Mengenal Karakteristik dari Jenis Kurma Coklat

Kurma adalah buah yang memiliki rasa manis yang khas. Ketika bulan ramadan tiba, buah ini banyak di cari oleh orang-orang dan banyak juga orang yang jual kurma tersebut. Karena ada sebuah hadist nabi yang menganjurkan ketika berbuka puasa dengan menggunakan makanan atau minuman yang manis-manis dan buah kurma menjadi salah satu yang di rekomendasikan oleh Nabi.

Konon, buah kurma berasal dari Teluk Persia. Kemudian pada tahun 4000 SM buah kurma mulai di budidayakan di Mesopotamia dan oleh bangsa mesir kuno. Baru setelah beberapa generasi berikutnya disebarluaskan oleh bangsa arab ke berbagai negara di Asia dan Afrika serta di Eropa.

Sekilas mengenai Pohon Kurma

pexels.com

Pohon Kurma secara status konservasi berada di lingkaran aman. Dalam artian bahwa populasi dari pohon kurma ini masih ada banyak dan dalam waktu panjang tidak akan punah. Pohon kurma masuk dalam kategori Kingdom dari Plantae dengan divisi Magnoliophyta. Pohon kurma berada dalam kelas tanaman Liliopsida dengan ordo dari pohon ini adalah Arecales. Famili dari pohon kurma adalah Arecaceae dengan genus dari pohon ini adalah Phoenix dan masuk dalam spesies P. dactylifera. Nama binomal atau istilah latin dari pohon kurma adalah Phoenix dactylifera.

Jenis Buah Kurma

pexels.com

Ada banyak sekali jenis buah kurma yang beredar luas di pasaran. Dan kami telah merangkum beberapa jenis kurma yang terkenal dan paling laris di beli oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa jenis buah kurma yang paling terkenal dan paling laris di seluruh dunia. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Kurma Ajwa

Orang Indonesia biasa menyebut buah kurma Ajwa dengan istilah kurma nabi. Hal ini merujuk pada hadist dari Nabi SAW. yang mengatakan bahwa salah satu buah kurma yang beliau anjurkan adalah kurma Ajwa. Kurma Ajwa banyak di budidayakan oleh para petani di dataran tinggi negara Madinah yang terletak di dekat kota Najeed, Arab Saudi.

2. Kurma Zaghloul

Buah kurma jenis yang satu ini memiliki ciri dan karakteristik berupa bentuknya memanjang dengan tekstur yang kering dan berwarna merah tua. Buah kurma Zaghloul memiliki kandungan gula yang tinggi. Tanaman kurma jenis Zaghloul ini banyak di temukan di negara Mesir.

3. Kurma Zahidi

Jenis buah kurma berikutnya adalah Zahidi. Ukuran dari buah kurma Zahidi terbilang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sedang-sedang saja. Bentuk dari buah kurma Zahidi adalah silinder dengan warna terang keemasan dan cenderung cokelat. Kurma Zahidi di jual dengan berbagai macam tekstur mulai dari yang lembut, sedang dan juga kasar.

4. Kurma Thoory

Buah kurma Thoory banyak di tanam oleh para petani kurma di Al-Jazair. Warna dari buah kurma Thoory adalah merah kecokelatan. Hal yang unik dari buah kurma Thoory ini adalah ketika buah kurma jenis ini di awetkan, maka akan berubah warna menjadi biru dan kulit dari buah kurma tersebut akan sedikit keriput.

5. Kurma Crown

Jenis kurma berikutnya adalah kurma cokelat. Ada beberapa varian dari kurma cokelat yang berada di pasaran. Jenis Kurma cokelat yang pertama adalah Kurma Date Crown Khalas. Bisa dibilang kurma jenis ini menjadi yang paling laris di pasaran. Sementera itu, di negara Indonesia Kurma Date Crown Khalas belum lama hadir dan di perjualbelikan. Bentuk dari Kurma Date Crown Khalas adalah lonjong dan cenderung oval. Kurma ini memiliki ukurang lebih kecil jika dibanding dengan kurma jenis lain yang berasal dari negeri Mesir. Kurma Date Crown Khalas ini memiliki teksur serat yang cukup halus dan lembut ketika di gigit.

Kurma Crown yang kedua adalah Kurma Date Crown Khenaizi. Buah kurma jenis ini setara dengan Kurma Date Crown Khalas jika di telisik dari kandungan gizi. Tekstur dari buah kurma cokelat jenis ini sangat lembut dan memiliki rasa yang manis dengan kadar gula alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kedua jenis kurma cokelat tersebut, yaitu Kurma Date Crown Khenaizi dan Kurma Date Crown Khalas ini di jual dalam bentuk satu karton. Satu karton dari buah kurma tersebut masing-masing memiliki bobot total mencapai 10 kg dengan isi 10 pack. 10 pack dalam satu karton memiliki berat mencapai 1 kg per satu pack nya.

Harga dari Kurma Date Crown Khenaizi ini di bandrol dengan mulai dari nominal 620 ribu rupiah per 10 Kg atau per satu karton. Sedangkan harga dari Kurma Date Crown Khalas adalah sebesar 520 ribu rupiah per satu karton.

Manfaat Kurma Coklat

Adapun manfaat dari kurma cokelat ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kandungan berupa zat besi yang berperan sebagai unsur hemoglobin dalam pembentukan sel darah merah.
  2. Di dalam kurma cokelat terdapat kalium yang berfungsi sebagai pengontrol denyut jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Nah itulah sekilas mengenai kurma beserta dengan jenis-jenisnya, termasuk kurma cokelat atau kurma crown. Jika kamu mencari situs web yang jual kurma, kamu bisa hubungi kami pada website pasarkurma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *