Pengetahuan

Cara Memilih Kualitas Karpet Terbaik Sebelum Membeli

Karpet merupakan salah satu furniture yang digunakan untuk alas tempat duduk di dalam sebuah ruangan di dalam rumah. Hampir semua rumah memiliki karpet karena karpet ini bersifat fleksibel serta mudah di pindahkan kemana saja sesuka hati. Selain itu karpet juga bisa membuat dekorasi atau desain interior dari sebuah rumah menjadi lebih elegan dan cantik.

Karpet tersebut harus dirawat agar tidak menjadi sarang dari jamur. Namun jika karpet sudah terlanjur menjadi sarang jamur maka kamu harus how to get mold out of carpet atau mencari cara mengilangkan jamur pada karpet tersebut. Jika kamu belum memiliki karpet, kami akan memberikan kamu beberapa tips memilih karpet yang berkualitas. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Memilih Karpet Berdasarkan Bahan

Karpet yang dijual di pasar terdiri dari berbagai macam-macam bahan dasar. Tidak semua bahan dasar karpet bisa menunjang kualitas dari karpet tersebut. Beberapa bahan karpet yang terbukti berkualitas tinggi telah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

unsplash.com

Bahan Sutra

Karpet dengan bahan dasar sutra memiliki kualitas nomer satu dan menjadi karpet paling mahal di dunia. Permukaan dari karpet yang menggunakan bahan dasar sutra sangat halus, lembut dan nyaman ketika digunakan. Karpet sutra ini bisa awet tahan lama dan tidak akan mudah rusak.

Bahan Sisal

Sisal merupakan sejenis tanaman. Karpet yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar Sisal memiliki warna yang kuat serta bisa awet dan tahan lama. Karpet ini sangat berkualitas dan jika karpet bahan Sisal ini kotor kamu bisa membersihkan nya dengan menggunakan mesin penyedot debu.

Bahan Wol

Wol merupakan bahan dasar yang di dapat dari bulu-bulu domba. Karpet yang terbuat dari bahan dasar wol juga tak kalah berkualitasnya dengan dua jenis sebelumnya. Karpet wol ini bisa awet sampai dengan 30 tahun atau bahkan bisa lebih dari itu jika kamu merawat karpet wol tersebut dengan benar dan membersihkan secara rutin.

unsplash.com

2. Memilih Karpet Berdasarkan Peletakan

Hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih karpet yang berkualitas adalah menyesuaikan ukuran karpet dengan lokasi yang akan di jadikan sebagai tempat peletakan karpet tersebut.

  • Jika kamu berniat membeli karpet untuk di letakan pada ruang tamu, maka kamu membeli karpet dengan ukuran 200 cm x 250 cm atau lebih dari ukuran tersebut.
  • Untuk karpet yang akan kamu letakan di area bawah sofa, maka kamu membeli karpet dengan diameter ukuran sekitar 150 cm x 200 cm.
  • Untuk karpet yang tepat kamu letakan pada ruang kamar tidur, maka kamu harus memilih membeli karpet dengan ukuran panjang sekitar 185 cm atau bisa lebih jika memang ruang tersebut cukup luas.

3. Memilih Karpet yang mudah di cuci

Salah satu ciri-ciri karpet yang memiliki kualitas terbaik adalah karpet tersebut mudah di cuci. Kamu harus memilih karpet yang mudah di cuci baik secara manual maupun menggunakan bantuan mesin cuci. Karpet yang mudah di cuci biasanya memiliki bobot yang tidak terlalu berat dan terbilang cukup ringan.

4. Memilih Karpet berdasar desain

Hal berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan ketika membeli sebuah karpet adalah desain dari karpet tersebut. Di pasaran sendiri ada berbagai macam motif dan desain dari sebuah karpet yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan selera mu. Dengan mempertimbangkan desain pada karpet maka bisa membuat suatu ruangan akan menjadi lebih cantik ketika di pasang atau letakan karpet tersebut.

unsplash.com

5. Memilih Berdasarkan Kegunaan

Kamu juga harus mempertimbangkan dari segi fungsi serta kegunaan. Karena jika kamu hanya mempertimbangkan keindahan tanpa memperhatikan fungsi dan kegunaan maka kamu bisa saja salah membeli karpet.

  • Untuk karpet yang akan kamu gunakan dan letakan pada area ruangan yang menjadi lalu-lalang orang-orang maka kamu bisa membeli karpet yang memiliki sifat anti selip. Karena karpet tersebut tidak licin ketika di pijak.
  • Jika kamu memiliki keinginan untuk membeli karpet yang akan digunakan untuk anak-anak maka kamu bisa membeli karpet yang bebas dari bahan formaldehyde atau formalin yang dapat membahayakan kesehatan dari anak-anak.
  • Jika kamu memiliki hewan peliharaan di dalam rumah maka kamu harus membeli karpet yang anti noda sehingga tidak mudah kotor. Karena jika kamu asal membeli karpet yang tidak anti noda maka bisa saja hewan peliharaan mu tersebut akan mengotori karpet yang baru saja kamu beli.

6. Memilih Berdasarkan Cuaca atau Iklim

  • Untuk sebuah lokasi seperti di pegunungan atau dataran tinggi yang memiliki hawa udara yang dingin, maka kamu bisa membeli karpet dari bahan dasar wol.
  • Untuk sebuah lokasi yang memiliki hawa panas maka kamu bisa membeli karpet dari bahan katun.
  • Dan jika kamu menginginkan karpet yang bisa fleksibel di pakai ketika panas maupun dingin adalah karpet dari Material microfiber dan denim.

Nah itulah sekilas mengenai tips membeli karpet berkualitas. Sekian dan terima kasih.