Umum

Klasifikasi Belalang Hijau, dan Morfologi

 

 

Belalang hijau adalah salah satu dari jenis belalang yang cukup terkenal di kalangan pecinta hewan serangga. Nama latin untuk hewan ini adalah Oxya Serville. Belalang hijau memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik pada lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan sering banyak ditemukan pada daerah lingkungan perkotaan. Serangga ini juga tersebar dibanyak daerah tidak hanya di Indonesia namun juga di negara besar lainnya seperti Asia dan Afrika. Di negara barat serangga ini memiliki julukan rice grasscoper karena menimbulkan dampak kerusakan pada bidang pertanian yakni pada pertumbuhan padi.  Belalang hijau juga meletakkan telur mereka pada tanah dan ketik dilakukan penyemprotan, telur serangga ini juga tidak akan terkena. Belalang hijau yang sudah menetas akan akan memakanan makanan dari daun-daunan yang dapat terlihat oleh mereka. Di bawah ini akan diulas lebih lanjut mengenai klasfikasi dari belalang hijau serta morfologi dari hewan tersebut.

Klasifikasi Lengkap Belalang Hijau

Kingdom : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Orthoptera

Famili : Acrididae

Genus : Oxya

Spesies : Oxya serville

Nama latin untuk belalang hijau ini adalah Oxya Serville, dan untuk kategori klasifikasi paling terbaru tergolong dalam genus Oxya, famili dari Acrididae, dan dari Ordo Orthoptera. Ordo Othoptera adalah salah satu ordo yang menjadi golong beberapa jenis serangga seperti belalang dan jangkrik. Yakni ada sekitar 20.000 jumlah spesiesnya dalam ordo tersebut. Dan serangga yang ada di dalam ordo tersebut memiliki metamorfosis yang tidak cukup sempurna.

Morfologi Belalang Hijau

Untuk morfologinya hewan ini memiliki 3 bagian, yakni kepala, thoraks, dan abdomen. Serta memiliki 2 pasang sayap, sepasang antena, serta 3 pasang kaki melekat oada thoraks hewan tersebut. Kaki belakang belalang hijau memiliki ukuran yang cukup besar karena itulah serangga ini sering melompat. Dan 2 pasang kaki depannnya memiliki ukuran yang kecil untuk berjalan.

Informasi diatas menjalaskan klasifikasi dari belalang hijau serta morfologinya. Belalang hijau sering ditemui sebagai musuh besar dalam bidang pertanian yang dapat merugikan hasil pertanian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *