Umum

Ketahui Apa Saja Jenis-jenis Tanah di Indonesia

Sebenarnya tanah yang kita pijak selama ini tempat dimana kita menanam aneka pepohonan ternyata memiliki beberapa jenis. Apa sajakah jenis tanah yang ada di wilayah Indonesia? Inilah contohnya.

Contoh Jenis Tanah di Indonesia

Tanah Aluvial

Tanah aluvial adalah jenis tanah yang terbentuk dari sedimen lumpur yang terbawa oleh aliran air sungai. Ciri dari tanah aluvial adalah warnanya kelabu dan kesuburannya bagus. Tanah jenis ini biasa terdapat di daerah dataran rendah.

Tanah Vulkanis

Sesuai namanya tanah ini memang berasal dari aktivitas vulkanik gunung berapi dan telah mengalami proses pelapukan. Tanah vulkanis dikenal sangat subur karena banyak mengandung unsur hara yang bagus bagi tamanan. Ada 2 jenis tanah vulkanis yaitu latosol dan regosol.

Tanah Humus

Tanah humus sering disebut juga dengan istilah bunga tanah karena sangat subur dan kaya akan unsur hara. Tanah humus terbentuk dari tumbuhan yang membusuk sehingga juga sifatnya organik. Inilah faktor yang menyebabkan tanah humus sangat subur bagi tanaman.

Tanah Organosol atau Tanah Gambut

Tanah jenis ini kurang bagus bagi tananaman karena proses pembusukan organik yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan tersebut disebabkan oleh air yang selalu menggenanginya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *