Satwa

Jenis-Jenis Ikan Gurame yang Banyak Disukai

Gurame merupakan jenis ikan tawar asli Indonesia yang banyak disukai untuk dikonsumsi. Tetapi ada pula yang menjadikan ikan gurame sebagai hiasan akuarium untuk memperindah ruangan. Bila dilihat dari fisiknya, gurame mempunyai bentuk tubuh yang lonjong, panjang dan mulut lebih kecil.

Selain itu gurame juga memiliki sisik tubuh yang besar serta sisik bagian kepala yang lebih kasar. Selama ini mungkin saat mengkonsumsi gurame anda tidak menyadari bahwa gurame memiliki banyak jenis. Dimana masing-masing jenis gurame tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang memudahkan anda untuk membedakannya. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis gurame yang banyak disukai dan perlu anda ketahui.

  1. Gurame Soang
    Gurame soang juga sering disebut dengan gurame angsa karena mempunyai bagian kepala yang agak menonjol menyerupai angsa. Tetapi ciri khas tersebut belum terlihat jelas saat ikan masih kecil dan akan terlihat jelas saat gurame sudah dewasa dan siap panen. Biasanya gurame soang sering ditemukan di wilayah Jawa Barat dengan ukuran yang beragam.
  2. Gurame Bastar
    Jenis gurame ini memang paling cepat berkembang dengan baik dan mudah dikembangbiakan. Gurame bastar mempunyai tubuh yang besar dan beratnya bisa mencapai 3kg hanya dalam kurun waktu 1 tahun.
  3. Gurame Padang
    Gurame yang satu ini memang berasal dari Padang tetapi juga bisa ditemukan di beberapa wilayah selain Padang. Gurame Padang adalah hasil persilangan dari beberapa jenis gurame sehingga memiliki perbedaan. Bahkan gurame padang dapat menghasilkan 3000 telur dalam sekali memijah dan menjadikannya lebih unggul.
  4. Gurame Paris
    Gurame yang satu ini memiliki warna yang paling cantik yaitu merah muda. Hal ini menjadikan gurame paris terlihat begitu menarik. Gurame jenis ini bisa menghasilkan sekitar 5000 butir telur.
  5. Gurame Porselen
    Gurame porselen mempunyai ciri khas yaitu warnanya yang sangat putih sehingga biasa disebut dengan porselen. Dengan kualitas yang unggul menjadikan gurame ini banyak disukai dan populer. Tak heran jika harga gurame porselen juga lebih tinggi di pasaran dibandingkan jenis gurame lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis ikan gurame yang bisa menambah wawasan anda. Selain beberapa jenis tersebut sebetulnya masih ada jenis gurame lainnya yang banyak ditemukan di Indonesia. Dengan demikian anda bisa membedakan jenis gurame secara mudah melalui ciri-ciri fisiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *