Umum

Ini Dia Terjadinya Pasang Surut Air Laut

Pernah dengar tentang pasang surut air laut? Iya pasang surut air laut merupakan kondisi dimana terkadang air laut naik ke wilayah pesisir, dan terkadang surut jauh ditengah pesisir laut. Jika Anda memperhatikan air laut selama 24 jam, tentunya akan ada perubahan batas air laut dengan pantai. Nah dari perubahan tersebutlah yang dinamakan pasang surut air laut.

Ketika air laut lebih naik ke permukaan dibanding pada umumnya, maka peristiwa ini disebut sebagai pasang. Dan ketika air laut turun dari permukaan dibanding pada waktu-waktu biasa, maka peristiwa ini dinamakan peristiwa surut. Nah mengapa kok bisa terjadi demikian? Kira-kira apa sih yang menjadi penyebab pasang surut air laut? Simak ulasannya berikut.

Konsep Terjadinya Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut merupakan sebuah peristiwa dimana air mulai pasang atau naik ke permukaan, secara berkala yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi matahari atau bulan. Nah adanya pasang surut ini disebabkan oleh adanya gravitasi dan juga efek sentrifugal pada bidang rotasi bumi. Dalam hal konsep pasang surut air laut, terdapat beberapa teori dari para ahli yang diantaranya sebagai berikut:

  • Teori sang surut dinamik

Teori yang dikemukakan oleh Laplace ini menjelaskan bahwa pasng surut dapat terjadi akibat resultan gaya gravitasi bulan, kedalaman, gaya sentrifugal, serta rotasi bumi, luaslaut, dan pengaruh gesekan dasar.

  • Teori Keseimbangan

Teori ini dikemukakan oleh ilmuwan ternama  yakni Isac Newton yang mana dalam teori ini dijelaskan bahwa naik turunnya permukaan air laut sebanding dengan pembangkit pasang surut. Kemudian selain itu, fenomena pasang surut air laut ini juga dapat terjadi akibat permukaan bumi ditutupi oleh air serta faktor kelembaban yang diabaikan.

Penyebab Pasang Surut Air Laut

Nah dari dua teori diatas dapat disimpulkan bahwa penyebab utama dari tejadinya pasang surut air laut adalah gaya tarik menarik dari benda-benda langit serta gaya gravitasi dari matahari dan juga bulan. Kemudian terdapat beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab pasang surut air laut yakni rotasi bumi, revolusi bumi terhadap matahari, serta revolusi bulan terhadap matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *