Teknologi

Hindari, Inilah Kebiasaan Yang Bisa Menjadi Penyebab Hp Tidak Bisa Di Cas!

Kebanyakan pengguna tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaannya bisa menjadi penyebab hp tidak bisa di cas lagi. Kebiasaan ini biasanya berulang sampai akhirnya muncul masalah tersebut. Kalau sudah seperti ini, penggunanya baru menyesali tindakannya.

Memiliki smartphone itu cukup mudah. Anda cukup menyediakan biaya, datang ke konter dan pilih sesuai biayanya. Anda sudah bisa membawa smartphone yang diimpikan.

Yang sulit adalah merawatnya. Entah karena kurang teliti atau kurang paham, penggunanya malah melakukan beberapa kebiasaan yang membuat smartphone bermasalah. Contohnya adalah smartphone tidak bisa diisi dayanya.

Apa Yang Menyebabkan Smartphone Sulit Dicas?

pexels.com

Sebenarnya cukup banyak hal yang memicu permasalahan tersebut. Namun di sini, kami hanya akan membagikan dua hal saja. Sisanya, Anda bisa mencari informasinya secara terperinci di videomax.co.

  1. Kabel USB dan Adaptor Rusak

Kerusakan kabel USB dan adaptor seringkali terjadi. Kabel yang semula menjadi penghantar tegangan tidak bisa melewatkan listrik ke dalam smartphone. Akhirnya, smartphone tidak bisa mengisi ulang dayanya.

Begitu pula jika adaptornya rusak. Adaptor ini akan membuat aliran listrik terhenti. Bahkan tidak bisa dialirkan masuk melalui kabel USB dan smartphone. Lalu, apa yang menyebabkannya?

Kerusakan komponen ini biasanya terjadi akibat ulah penggunanya sendiri. Penggunanya kadang sembarangan dalam menggunakan kabel cas. Misalnya sering menggunakannya pada smartphone lainnya tanpa kendali.

Selain itu, kebiasaan mencharge smartphone sepanjang malam juga turut berpengaruh. Meskipun kenyataannya adaptor ini mampu menyimpan aliran listrik, tapi panas yang dihasilkan akibat listrik akan membuat kerusakan parah.

Bagi cas yang tidak dilengkapi dengan fitur otomotis dalam menghentikan aliran listrik saat hp full, resiko hp meledak bisa terjadi. Yang paling sering adalah mengakibatkan baterai cepat usang.

  1. Port USB Bermasalah

Penyebab hp tidak bisa di cas yang kedua bermula dari kerusakan pada port USB. Port yang rusak memungkinkan pengisian daya tidak terjadi. Biasanya ditandai dengan gosong atau lecetnya port tersebut.

Kalau ditandai dengan gosongnya port, kemungkinan besarnya adalah terlalu lama mengisi daya. Lamanya proses tersebut membuat port kepanasan dan gosong. Akibatnya, kerusakan tak terelakkan dan sulit untuk diisi.

Sementara jika hanya lecet, kemungkinannya adalah pengguna punya kebiasaan mencabut kabel USB secara sembarangan. Contohnya adalah dengan mencabut dengan sangat keras.

Tindakan ini jelas akan berpengaruh pada port. Port yang semula baik-baik saja berpotensi mengalami kelecetan. Setelah beberapa lama, smartphone akan sulit untuk diisi kembali. Bahkan smartphone tidak menunjukkan adanya pengisian sama sekali.

Cara Mengenali Rusaknya Komponen Charge

pexels.com

Sebelum memastikan apakah ada kerusakan atau tidak pada komponen charge, Anda perlu melakukan pengujian. Pengujian ini dilakukan untuk menemukan kepastian masalah. Caranyapun sangat sederhana.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi daya dengan kabel USB lain. Apabila kedapatan smartphone mampu terisi penuh, itu menandai bahwa USB yang bermasalah. USB ini sebaiknya tidak digunakan kembali.

Cara lainnya adalah dengan melihat port. Misalkan sudah menggunakan USB lain dan hasilnya nihil, maka periksalah portnya. Perhatikan apakah muncul masalah pada port tersebut atau tidak. Contohnya adalah tanda gosong atau lecet.

Apabila hal ini terjadi, solusi utamanya adalah mengganti port tersebut. Anda bisa datang ke tukang service. Untuk biayanyanya sendiri bervariasi. Tergantung dimana Anda melakukan perbaikan. Yang pasti, harganya tidak semahal jika Anda mengganti part lainnya.

Kondisi Khusus Smartphone Tidak Terisi

Beberapa merek hp kadang sulit untuk diisi dayanya ketika baterainya habis tak tersisa. Meskipun dicas dalam keadaan mati, tetapi signal daya pengisian tidak hidup. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kalau seperti ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan membuka body smartphone. Kemudian gunakan desktop untuk mengisi daya sampai separuh. Baru lanjutkan dengan charger seperti biasanya.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan USB bertegangan lebih besar. Cara ini dipilih khusus untuk smartphone yang memiliki baterai tanam. Membukanya kadang tidak memungkinkan jika Anda kurang memahaminya.

Anda bisa meminjam charger teman Anda yang punya voltase di atas charger hp Anda. Silahkan colokkan. Dari situ, biasanya hp akan mulai terlihat ada tanda-tanda pengisian secara langsung.

Sampai smartphone mengisi separuh, Andapun bisa melanjutkannya dengan charger yang Anda miliki. Tetapi jika cara ini masih tidak bisa dilakukan, kemungkinannya adalah ada permasalahan serius pada smartphone Anda. Demikianlah yang bisa Anda temukan pada ulasan tentang penyebab hp tidak bisa di cas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *